DIVERSIFIKASI KONSUMSI PANGAN DUKUNG KETAHANAN PANGAN LOKAL

Penganeka-ragaman (Diversifikasi) konsumsi pangan dapat diartikan membudayakan pola konsumsi pangan yg Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman untuk hidup sehat, aktif dan produktif. Diversifikasi konsumsi pangan memiliki peran strategis dalam merubah pola konsumsi masyarakat Cilacap yang dinilai belum berimbang, ditandai dengan tingginya konsumsi padi-padian, khususnya beras.

Komoditas pangan sering digunakan sebagai indikator perekonimian suatu daerah, bahkan negara Karenanya sebagai kebutuhan dasar, pangan harus terpenuhi secara cukup, layak mutu, aman dan didasarkan pada optimsalisasi pemanfaatan berbazis penganeka ragaman pangan.

Dalam Dialog Bercahaya 94.3 MHz dan streaming bercahayafm.com Jumat 10 Agustus 2018 pukul 14.00 sd 15.00 WIB, Kepala Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap, Ir. Susilan mengakui kulaitas konsumsi pangan masyarakat Cilacap  ditunjukkan dengan skor Pola Pangan Harapan (PPH) 80,yang dinilai masih belum mencapai kondisi ideal. Hal tersebut, karena masih kurangnya, konsumsi pangan hewan,  sayur dan buah,  serta sumber pangan lokal seperti jagung dan umbi-umbian. Untuk meningkatkan kualitas konsumsi pangan menurut Susilan, masih dihadapkan dengan persoalan budaya konsumsi masyarakat, sikap malu makan umbi-umbian lokal, kurng kepedulian serta terbatas akses pangan.

Sementara itu Kasi Penganekaragaman Pangan pada Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap, Firda Nurul Isdiyani menyatakan, berbagai program telah diluncurkan, seperti sosialisasi, pengadaan kebun bibit, pengembangan kebun sekolah, pengenalan B2SA, lomba Cipta Nemu, Pameran dan Festival, serta program lainnya.

 

Untuk lebih membudayakan pola konsumsi pangan yang Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman untuk hidup sehat, aktif dan produktif serta berbazis penganekaragaman konsumsi pangan, , serangkaian memeriahkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2018, Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap akan menggfelar Festival Makan Mie Ayam Mokaf gratis sebanyak 2000 porsi yang dilaksanakan pada hari Selasa 13 Agustus 2018 di Stadion Wijaya Kusuma, usai Finis Lomba Gerak Jakan Cepat Beregu. Mie Ayam Mokaf dipersiapkan oleh KWT Sekar Arum jalan Anggrek Cilacap bekerjasama dengan Bank BI Purwokerto.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *