Entaskan Kemiskinan dengan efektifkan program pemberdayaan dan bantuan sosial

Untuk mengurangi angka kemiskinan, selain membentuk Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di tingkat Kabupaten, pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas Sosial juga semakin mengefektifkan pelaksanaan program Keluarga Harapan-PKH dan Bantuan pangan Non Tunai-BPNT di daerah ini. Lebih lanjut mengenai informasi tersebut, berikut Laporan Khas Bercahaya FM selengkapnya.

Dari total 284 desa serta kelurahan di Kabupaten Cilacap, 8 Desa diantaranya masuk dalam kategori Zona Merah Kemiskinan. Berdasarkan Basis Data Terpadu (BDT) kemiskinan Tahun 2018, 8 desa yang masuk zona merah diantaranya Desa Binangun di Kecamatan Bantarsari, Desa Karanggintung Kecamatan Gandrungmangu, Desa Jenang, Pahonjean dan Salebu di Kecamatan Majenang, Desa Limbangan dan Adimulya di Kecamatan Wanareja dan Desa Gentasari di Kecamatan Kroya.// Permasalah tersebut, menarik menjadi pembahasan utama dalam dialog Interaktif Info Kita Bercahaya FM Cilacap Rabu pagi. Karena ukuran suatu bangsa maupun daerah bukan dilihat dari sarana infrastrukturnya, melainkan lebih dilihat dari jumlah keluarga msikinnya, karena tidak memiliki pemnghasilan atau penghasilannya tidak mencukupi untuk pemenuhuan kebutuhannya. Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial pada Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, Gatot Arif Widodo menyatakan, untuk tahun 2019 ini, jumlah fakir miskin di Cilacap Sudah menurun cukup dratis, dari 278 ribu 602 pada tahun 2018 menjadi 273 ribu 654 jiwa pada tahun 2019.

Sementara itu, Kepala Seksi Penanganan Fakir Miskin, Anton Yudo Wiranto menambahkan, untuk mengatasi masalah kemniskinan di Kabupaten Cilacap, telah dibentuk Tim Koordinasi Poenanggulangan Kermiskinan Kabupaten Cilacap. Melalui tim koordinasi ini, terlibat langsung peran aktif semua pihak, baik poemerintah swasta, maupu kelompok masyarakat lainnya.// Menurut Aton Yudo Wiranto, Dinas Sosial juga mengefektifkan pelaksanaan program Keluarga Harapan dan Bantuan Poangan Non Tuni-BPNT bagi Keluarga Penerima Manfaat.

Sampai dengan saat ini, untuk wilayah Kabupaten Cilacap sedikitnya terdapat 85 ribu 737 Keluarga dan 134 ribu 367 keluarga dari kuota sebanyak 141 ribu 568 Keluarga penerima manfaat. Untuk memenuhi kuota yang tersedia, telah dilakukan Verifikasi dan validasi data di lapangan . Koordinator Program Keluarga Harapan, Paryoko menambahkan, untuk memonitoring pelaksanaan kegiatan pendampingan PKH, sudah menggunakan aplikasi e-PKH yang berbazis internet.

Hal senada diakui Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Cilacap, Febrianto yang menyatakan, selama proses pendampingan, khususnya terhadap e-Warong mauopun agen BPNT, berpegang pada kriteria 6 tepat.

Penanganan masalah sosial yang berkaitan dengan kemiskinan ini, dapat berdaya dan berhasil guna diyakini dengan adanya dukungan semua pihak. Dengan harapan program-program pemberdayaan sosial dan berbagai bentuk bantuan sosial dapat diterima oleh keluarga penerima manfaat yang pada gilirannya untuk melepaskan diri dan keluarganya dari kemiskinan.(4ng2id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *