Evakuasi Tongkang Batubara Terkendala Cuaca

Kapal tongkang pengangkut batu bara yang memasok batu bara untuk PLTU Karangkandri kandas di kawasan Pantai Kamulyan Cilacap. Kejadian yang sudah berlangsung sejak setengah bulan lalu, hingga Jumat pagi tadi belum juga teratasi. Upaya evakuasi kapal dengan ditarik ke perairan dalam terkendala cuaca gelombang tinggi. Dan ketinggian gelombang inilah yang disinyalir menjadi penyebab utama kapal dengan muatan ribuan ton batu bara tersebut terdampar dan mengalami kesulitan dievakuasi.

Salah satu warga Tegalkamulyan – Ruswanto mengatakan, selain gelombang tinggi, kerusakan parah pada kapal juga menjadi kendala tersendiri bagi petugas. Bahkan dari pantauanya, sudah ada tiga kapal yang berusaha mengevakuasi tongkang tersebut, namun belum membuahkan hasil.

Lebih lanjut, peristiwa ini sudah berulang kali terjadi khususnya di kawasan Pantai Kamulyan. Selain diakibatkan karena gelombang air laut yang tak menentu, nahkoda yang belum hafal dengan Perairan Cilacap juga bisa menjadi penyebabnya.

“Ya biasanya sih PT baru yang belum menguasai medan pantai di Cilacap. Udah sering kaya gitu soalnya,” ungkapnya.

Ruswanto berharap, cuaca dapat kembali normal, sehingga dapat memudahkan proses evakuasi kapal tongkang pengangkut batubara tersebut. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *