Format KK Berubah, Bakal Punya Dua Kolom Baru

Format kartu keluarga – KK akan mengalami perubahan pada tahun ini. Nantinya, ada dua kolom baru yang ditambahkan, Dengan demikian, kolom di KK menjadi 16. Dua kolom tersebut adalah golongan darah dan nomor surat nikah atau akta perkawinan.

Penambahan dua kolom baru tersebut merupakan instruksi dari Kementerian Dalam Negeri – Kemendagri nomor 118 tahun 2017 tentang blangko KK, register dan kutipan akta pencatatan sipil. Demikian disampaikan Kabid pemanfaatan data dan Inovasi pelayanan, Disdukcapil Kabupaten Cilacap, Johan.SE, diruang kerjanya, Jumat pagi.
Lebih lanjut pihaknya menjelaskan proses penambahan dua kolom dalam KK tersebut akan diterapkan mulai bulan ini.Masyarakat juga dapat melakukan proses perubahan tersebut di Kantor Kecamatan terdekat.

” Jadi maksudnya blangko KK berdasarkar peraturan PERMENDAGRI nomor 118 tahun 2017, terdapat perubahan yaitu penambahan kolom golongan darah dan tanggal maupun nomer perkawinan. Mulai hari ini sudah dimulai dan masyarakat juga dapat melakukan perubahan KK di Kecamatan terdekat,” ungkap Johan.

Sementara menurut Kasi pengolahan data dan kependudukan, Disdukcapil Kabupaten Cilacap, Nike Daryati mengatakan, Nomor surat nikah atau perkawinan berguna untuk menjelaskan status pernikahan masyarakat, baik diri sendiri maupun orang tua. Selain itu, kolom tersebut juga berguna untuk mengetahui status pernikahan, baik secara hukum negara atau sah secara agama.

“apabila ada perubahan KK , status, penambahan anak, alamat pekerjaan, pendidikan dan lainya terkait segala perubahan KK baru diharuskan membawa fotocopy surat nikah dan golongan darah. Masalahnya apabila tidak mencantumkan surat, nomor dan tanggal nikah, data yang dinput akan tertulis kawin belum tercatat pada database perubahan KK terbaru,” tandasnya.

Nike Daryati menambahkan, Proses ini diklaim menjadi salah satu upaya pendataan ulang masyarakat yg mengalami perubahan KK, diantaranya tanggal maupun status perkawinan, golongan darah dan alamat. Namun apabila tidak mengalami perubahan kk masyarakat tidak diharuskan melakukan pendataan ulang. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *