Gandeng Peternak Desa Bogemanjir, Mahasiswa IPB University Memberikan Alternatif Pembuatan Pakan Silase Dan Membuat Pupuk Kandang

CILACAP – Dusun Bogemanjir menjadi Mitra KKN-T IPB University Kelompok Cilacap Kab 01 menjadi tempat yang sangat mengejutkan bagi mahasiswa karena lokasi dan kondisinya yang masih jauh dari kata modern. Pasalnya, jalan di dusun tersebut tidak ada yang diaspal, perumahan warga menyampur dengan pekarangan, tidak adanya batas yang jelas antara rumah warga yang satu dengan yang lainnya, dan tidak adanya perempatan atau pertigaan yang jelas layaknya di desa atau kota besar. Jalur keluar masuk dusun pun hanya satu, diapit oleh sawah, dan berlubang. Apabila turun hujan, akses keluar masuk tersebut akan digenangi oleh air.

Melihat kondisi dusun yang masih sangat alami, tak heran bahwa Dusun yang memiliki 3 RT dan terletak di Desa Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap ini memiliki potensi di bidang peternakan sapi dan kambing. Terdapat 18 warga yang memelihara sapi dan terdapat 3 warga yang memelihara kambing. Banyak ternak yang dipelihara di pekarangan terbuka, kendang yang masih sederhana, dan juga pakan yang masih tradisional.

Pakan yang diberikan hanya rumput atau hijauan, tidak adanya alternatif lain sehingga apabila kondisi hujan, peternak akan kesulitan mencari hijauan. Mahasiswa KKN-T IPB University memberikan alternatif kepada peternak dengan cara menyosialisasikan pembuatan awetan pakan atau silase kepada peternak sebagai solusi atas masalah tersebut.

Limbah ternak atau kotoran sapi dan kambing yang hanya dijual ke pengepul juga turut dimanfaatkan oleh Mahasiswa KKN-T IPB University untuk membuat pupuk kandang. Sosialisasi tersebut disambut baik oleh peternak, salah satunya adalah Ibu Parmi, peternak Dusun Bogemanjir yang memiliki 3 sapi.

“Saya senang karena jadi tahu cara pembuatan pupuk, biasanya kotoran sapinya cuma saya jual saja” kata Ibu Parmi.

Selain memberikan pembuatan awetan pakan dan pembuatan pupuk kandang Mahasiswa KKN-T IPB University juga turut serta dalam pencegahan penularan virus Covid-19 dengan membagikan hand sanitizer dan jamu herbal tradisional gratis kepada masyarakat Dusun Bogemanjir.

Mahasiswa KKN – T juga memberikan sosialisasi mengenai Kartu Prakerja, dan memberikan edukasi kepada masyarakat terutama anak-anak mengenai mitigasi bencana tsunami dan juga banjir rob.

Program kerja yang dijalankan oleh Mahasiswa KKN-T IPB University dilaksanakan menggunakan metode daring berupa video panduan, buku panduan, modul pembelajaran, poster dan juga video singkat. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan masyarakat Dusun Bogemanjir dalam mengikuti perkembangan ilmu teknologi dan juga diharapkan dapat tersebar secara luas kepada masyrakat luar.

Reporter : (Intan/BercahayaFm)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.