Gelar Refleksi Akhir Tahun, Ketua DPRD Minta Media Agar Lebih Proaktif

CILACAP – Media massa diminta agar lebih proaktif dengan DPRD Kabupaten Cilacap untuk mengawal kinerja anggota dewan dalam mengawasi pembangunan di Cilacap. Hal tersebut di sampaikan Ketua DPRD Kabupaten Cilacap Taufik Nurhidayat saat menggelar kegiatan refleksi akhir tahun bersama awak media untuk menyampaikan kinerja DPRD selama setahun, Jum’at (31/12/21) di Ruang rapat DPRD Cilacap.

Kegiatan ini untuk menyampaikan terkait capaian kinerja masing-masing anggota Dewan Kabupaten Cilacap secara transparansi melalui media massa agar diketahui oleh masyarakat luas.

“Kedepan teman-teman awak media kami minta agar lebih proaktif dengan DPRD Kabupaten Cilacap, sehingga apa yang kita kerjakan bisa tersampaikan. Website kita buka, kontroling silahkan, ini bagian dari keinginan teman – teman 50 anggora DPRD untuk memberikan yang terbaik dalam transparansi dari semua kegiatan yang ditugaskan” Ucapnya.

Menurutnya, masih banyak informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat terkait dengan tugas pokok fungsi DPRD sebagai lembaga legislatif yang ikut bertanggungjawab, salah satu fungsinya dalam mengawasi pembangunan di Kabupaten Cilacap.

“Kami disini diberi tugas oleh masyarakat melalui regulasi untuk menjalankan, dan agar masyarakat mengetahui kerja DPRD maka kita membuka transparansi termasuk dengan media,” katanya.

Taufik juga meminta kepada masyarakat agar mengetahui tugas dan fungsi DPRD Cilacap yakni sebagai fungsi budgeting (anggaran), Controling (pengawasan) dan legislasi.

Taufik menambahkan bahwa DPRD tidak bisa merencanakan anggaran, dan setelah menjadi RKPD barulah dibahas di dewan bersama-sama setelah masuknya Kebijakan Umum APBD (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS).

“Perencanaan ada di eksekutif, DPRD membahas bersama setelah masuknya Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUA) Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS), RPJMD di eksekutif, RKPD dan Renjanya ada disana, baru setelah punya RKPD kita menyampaikan bersama-sama menjadi KUA PPAS,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga di sampaikan sejumlah poin kinerja oleh masing – masing Ketua Komisi dalam hal evaluai pencapaian kinerja DPRD Kabupaten Cilacap selama tahun 2021.

Seperti Ketua Komisi A Mitra Patriasmoro, dalam bidang Pemerintahan dan Hukun menyampaikan dalam tahun 2021, sudah melaksanakan rapat kerja komisi dengan 19 mitra kerja yang ada, mulai dari pembahasan RKPD, KUA PPAS, RAPBD sampai diputus APBD.

Ketua Komisi B bidang Perekonomian dan Keuangan Purwanto, mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) kepada dinas terkait yang belum maksimal akibat terdampak pandemi yang ditarget 700 miliar, baru tereralisasi sekitar Rp 617 miliar dan menjadi evaluasi agar PAD meningkat di tahun 2022.

Sementara, Ketua Komisi C Bidang Pembangunan Taufik Urrokhman Hidayat menyampaikan, dalam pengawasan perbaikan jalan, menurutnya jalan di kabupaten Cilacap yang kondisi baik sekitar 66%, setelah dilalukan pembangunan dengan anggaran sekitar sekitar Rp 306 miliar, kondisi jalan baik di Kabupaten Cilacap menjadi 67,24 % atau naik hanya 0,82%, yang sedang 11,8%, rusak ringan 12,7% dan rusak berat 9,76%.

Sedangkan Ketua Komisi D bidang Kesejahteran Rakyat Didi Yudi Cahyadi menyampaikan DPRD telah melakukan terobosan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terkait lingkungan sekolah aman dari Covid dengan kerjasama Dinas Kesehatan. Pihaknya juga mendorong kualitas pendidikan, melibatkan badan usah untuk membantu anak putus sekolah karena tidak mampu.(tan/bercahayafm)