Gelar Safari Ramadhan bareng Bupati, Pertamina Cilacap Bagikan Mushaf Alquran

Cilacap – Bulan Ramadhan 1442 H, benar-benar dioptimalkan oleh Pertamina Refinery Unit wilayah Cilacap dengan bakti sosial berbagi sesama. Seperti dilakukan pada Selasa malam (27/4/2021) di Masjid Baiturrahim, Pertamina membagikan 200 mushaf Alquran dan santunan untuk 100 anak yatim. Kegiatan ini dalam rangkaian sholat tarawih dan silaturrahim (tarhim), dihadiri Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, dan pejabat Forkopimda setempat.

General Manager Pertamina Refinery Unit wilayah Cilacap, Joko Pranoto menyatakan bulan Ramadhan mengingatkan setiap insan untuk meningkatkan semangat berbagi dan sifat dermawan. “Sifat dermawan dan murah hati adalah contoh nyata dari Rasulullah, apalagi di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini,” katanya saat mengisi kultum tarawih.

Joko mengingatkan setidaknya ada 4 keutamaan bagi siapapun yang senang bersedekah dan berbagi pada sesama. Diantaranya harta yang semakin berkah dan mustahil berkurang, serta pahala yang berlipat ganda. “Sedekah juga mampu menolak wabah dan bencana, serta menumbuhkan rasa lapang dada dan hati bahagia,” ujarnya.

Maka lanjut dia, pada Ramadhan ini Pertamina mendorong seluruh perwira dan keluarga Pertamina untuk meningkatkan kegiatan berbagi kepada tetangga dan masyarakat yang membutuhkan. “Di internal kami yang jelas rutin setiap sore adalah berbagi 600 paket takjil di depan komplek Perumahan Donan dan Gunung Simping. Selan itu Safari Ramadhan setiap Rabu sore di masjid dan musholla juga dilengkapi dengan berbagi bantuan,” imbuh Joko.

Bupati Tatto dalam kesempatan itu kembali menyampaikan apresiasi atas kepedulian Pertamina memberikan perhatian penuh kepada masyarakat, terlebih di bulan Ramadhan ini. “Pemerintah mustahil sendirian, butuh kolaborasi dan sinergi termasuk dengan Pertamina ini agar sama-sama hadir di masyarakat, berbagi dengan apapun yang kita miliki,” katanya.

Kegiatan juga dihadiri tim manajemen Pertamina, sejumlah kepala dinas di lingkungan Pemkab Cilacap, Ketua Badan Dakwah Islam (BDI) Pertamina, Sugiyo beserta jajaran pengurus. Adapun 200 mushaf Alquran itu diperuntukkan pondok pesantren dan masjid di wilayah Kecamatan Cilacap Tengah, Kesugihan dan Maos. Sedangkan santunan yatim piatu diberikan kepada 5 panti asuhan, masjid dan pondok pesantren di wilayah kota Cilacap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *