Guru Penggerak Cilacap Gelar Pelatihan “Berbisa”

CILACAP – Salah satu peran Guru Penggerak yaitu menjadi mentor bagi guru yang lain untuk pembelajaran yang berpusat pada murid. Peran tersebut dilaksananakan dengan baik oleh guru SMPN 4 Cilacap – Landung Baskoro dengan melakukan pendampingan kepada guru SD Negeri Sidanegara 09 dan SD Negeri Siadanegara 05 melalui pelatihan kompetensi guru dalam media pembelajaran, Rabu-Kamis (10-11/3/2021).

Guru di kedua sekolah tersebut dilatih membuat twibbon, rekam layar, edit video, membuat flyer, dan cara upload ke youtube untuk menunjang kegiatan pembelajaran.
Menurut Landung, pendampingan ini bertemakan Berbisa yaitu akronim dari “Berbagi untuk sesama”.

“Praktik baik dalam pembelajaran seyogyanya memang harus ditularkan kepada guru yang lain dan harapannya bisa bermanfaat, serta menjadi salah satu solusi dalam pembelajaran Jarak jauh di era pandemi ini” jelas Landung.

Kegiatan ini dilaksanakan secara campuran (blended) daring dan luring. Bagi guru yang WFO (work from office) mengikuti secara luring dan bagi yang WFH (work from home) bisa mengakses melalui kanal youtube.

Salah satu peserta dari SD Negeri 09 Sidanegara – Sangadah Setyowati mengatakan kegiatan pelatihan tersebut memberikan banyak manfaat untuknya.

“Pelatihan ini memberi pengetahuan baru terutama dalam pemanfaatan IT untuk sarana pembelajaran maupun promosi sekolah. Caranya sederhana namun bermakna” ujar Sangadah.

Ia berharap kegiatan pendampingan ini berkelanjutan agar guru-guru lain dapat meningkatkan kompetensi dalam pembelajaran daring yg sedang dijalani saat ini.

Hal senada diungkapkan Anggraeny, peserta dari SD Sidanegara 05 Kecamatan Cilacap Tengah. Ia mengatakan pendampingan ini sangat bagus dan menarik, disampaikan dengan cara yg mudah dimengerti.

“Kita hanya butuh ketelatenan saja untuk bisa menjadi ekspert dengan media yang ada. Semoga pelatihan seperti ini berkelanjutan” harap Anggraeny.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *