HANI 2021 Momentum Lawan Narkotika, Penguatan P4GN Terus Digenjot

CILACAP – Peringatan Hari Anti Narkotika Nasional atau HANI 2021, dijadikan momentum untuk meningkatkan sinergitas seluruh pihak dalam melawan Narkotika. Diantaranya melalui Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Hal ini disampaikan Wakil Presiden – Maruf Amin dalam peringatan HANI 2021 yang digelar secara virtual, dan diikuti sejumlah pemerintah daerah. Termasuk di Cilacap, Bupati Tatto S. Pamuji bersama Forkopimda turut mengikuti acara tersebut di Pendopo Wijayakusuma Cakti, Senin 28 Juni 2021.

Bupati Cilacap – Tatto Suwarto Pamuji dalam kesempatannya menyatakan, bahwa edukasi sejak dini mengenai P4GN ini dinilai sangat penting. Bahkan mulai dari lingkup keluarga, diperlukan keterlibatan orang tua untuk membentengi anak-anak dari pengaruh lingkungan negatif dan penyalahgunaan narkotika.

“Pertama dari orang tua harus mampu mengenalkan bahaya narkoba kepada anak – anak sedini mungkin. Tentu demi menjaga generasi bangsa yang sehat tanpa narkotika,” kata dia.

Kepala BNN Kabupaten Cilacap – Windarto menjelaskan, bahwa narkotika ini menyerupai fenomena gunung es. Yakni hanya tampak pada permukaannya saja, dan untuk sisi lainya belum muncul atau terungkap.

“Untuk tahun 2020, tercatat ada tambahan 79 pengguna narkoba di Kabupaten Cilacap. Sedangkan jumlah yang telah direhabilitasi sebanyak 174,” ungkapnya.

Windarto menambahkan, guna mengoptimalkan program P4GN, BNN Kabupaten Cilacap bersama Pemkab Cilacap terus mendorong pembentukan Desa BERSINAR atau bersih dari narkotika. Sehingga terbentuk kepedulian masyarakat untuk sama sama mencegah dan menolak narkotika. Upaya ini dimulai dengan pembentukan relawan anti narkotika, dan dari sisi rehabilitasi telah dibentuk inrtervensi berbasis masyarakat.

“Sejauh ini, terbaru sudah ada 1 Desa yang dicanangkan, yakni Desa Gombol Harjo Kecamatan Adipala. Kedepan akan terus ditambah dan dioptimalkan peranannya,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *