Harga Bumbu Dapur Melonjak Naik

Harga sejumlah komoditas bumbu dapur di pasar tradisional Kabupaten Cilacap mengalami kenaikan signifikan. Di antaranya harga bawang merah mengalami lonjakan dari harga 20 ribu menjadi 25ribu per kilogram, sementara bumbu dapur berjenis rempah seperti kencur dan jahe juga mengalami kenaikan sebesar 50 persen. Bahkan tingginya harga dituding membuat sejumlah konsumen yang mayoritas pengusaha rumah makan dan pedagang wedang jahe di Cilacap sempat mengeluh.

Sri salah seorang penjual bumbu dapur di Pasar Sidodadi Kabupaten Cilacap mengatakan, Harga semula kencur 50 ribu perkilogramnya saat ini melonjak mencapai 70 ribu per kilogram, dan Jahe yang berkisar 20ribu perkilogramnya saat ini berkisar 30ribu perkilogram. Lebih lanjut, komoditi daun serai saat ini juga mengalami kenaikan lantaran minimnya stok ditengkulak besar. Situasi tersebut diklaim telah terjadi sejak awal bulan Desember lalu.

“Selain faktor pergantian musim , kelangkaan stok membuat harga bumbu rempah naik. Tahun baru sampai awal Januari 2019 saja sempat kosong, bahkan pengepul di Ajibarang sampai kosong. Ini terahir kemarin saya dapat stok dari Kroya dan Kebumen saja masih tinggi harganya,” imbuhnya.

Sri berharap, kondisi tersebut segera mendapatkan perhatian dari Dinas terkait. Sehingga harga bumbu dapur di Kabupaten Cilacap dapat kembali stabil. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *