Harga Pakan Ayam, Picu Naiknya Harga Telur

CILACAP – Harga telur ayam ras di pasaran mengalami kenaikan yang cukup ekstrem. Dalam sepekan terakhir harga telur ayam ras mencapai Rp 30 ribu perkilo.

Bahkan, di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Cilacap, harga telur ayam ras pernah mencapai harga Rp 33 ribu. Padahal disaat kondisi normal, harga telur ayam ras hanya berkisar Rp 22 ribu – Rp 25 ribu perkilo.

Salah satu peternak ayam di Dusun Jayagiri Desa Bojong Kawunganten Cilacap , Djumadi mengatakan, harga telur saat ini mencapai Rp 30 ribu perkilogram. Sepekan yang lalu masih di harga Rp 25 ribu perkilo.

Menurutnya,  kenaikan harga telur ayam ras yang melambung di karenakan harga pakan yang ayam yang terus naik dan karena jelang akhir tahun.

“Kenaikan telor ini menurut saya karena harga pakan naik terus, sebelumnya harga pakan itu Rp 300 ribu perkarung (50 kg), sekarang Rp 350 ribu perkarung. Bahkan menurut informasi dari penjual pakan ayam, minggu depan akan naik lagi Rp. 5000 sehingga menjadi Rp. 355.000 perkarung,” katanya.

Djumadi yang memiliki 2 kandang ayam dengan jumlah 1.200 ekor mengaku, dalam 1 harinya menghabiskan 1 kwintal 25 kg pakan ayam, dengan hasil telor  5,5 peti perhari, sementara harga telor ayam harga perpeti 300 ribu isi 10 kg. “Harga telor naik, penyerapan pasarnya juga bagus, harapan saya sebagai peternak ayam petelur ya, ada keseimbangan antara pakan dan harga telur,” pungkasnya. (tan/bercahayafm)

dok : google