Harganas 2021, Mengusung Tema Keluarga Keren Cegah Stunting

CILACAP – Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji mengikuti Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 28, secara virtual di Ruang Prasanda Pendopo Wijaya Kusuma Cakti, Selasa, (29/06/21).


Peringatan Hari Keluarga Nasional di Kabupaten Cilacap dihadiri oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji, Sekda Farid Ma’ruf, Kepala Dinas KBPPPA, Murniyah, Kepala Dinas Kesehatan dr. Pramesti Griana Dewi, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, M. Wijaya.


Peringatan Harganas mengusung tema Keluarga Keren Cegah Stunting, serta di tandai dengan Peluncuran Vaksinasi Covid – 19 untuk Ibu hamil, Ibu menyusui dan anak usia 12 – 18 tahun oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin. Keputusan ini dinilai sangat tepat mengingat mortalitas akibat Covid-19 pada kelompok 12 – 18 tahun mencapai 30 %.


Sementara, dari data hasil Survei Status Gizi Indonesia yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2019, prevalensi stunting pada balita tercatat 27,76%.


“Saat ini satu dari 4 anak balita kita mengalami stunting. Kondisi ini disebabkan oleh kurang gizi yang cukup lama dan infeksi berulang” Hal tersebut disampaikan Wapres secara virtual.

Sejak 2018 pemerintah telah berupaya menurunkan prevalensi stunting. Salah satunya dengan menajamkan intervensi gizi pada sektor kesehatan yang menyasar ibu hamil dan anak usia 0 – 23 bulan.


“Pemerintah juga menggiatkan berbagai intervensi yang mendukung peningkatan kualitas gizi dan kesehatan pada anak dan ibu hamil, seperti akses air, sanitasi, Pendidikan Anak Usia Dini, akses pangan bergizi, juga perilaku hidup bersih dan sehat” tambah Ma’ruf.


Sementara itu, Tato Suwarto Pamuji mengatakan, untuk menuju keluarga yang bahagia, harus ada komunikasi, dan bagaimana mengajarkan anak – anaknya menghadapi pandemi Covid – 19.

“Dimasa pandemi seperti ini, orang tua harus mencontohkan untuk selalu memakai masker, dan nilai – nilai kehidupan yang di contohkan untuk keluarganya itu penting” kata Tatto.


(tan)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *