Hari Santri Nasional 2021, Wabup : Santri Bisa Menjadi Garda Terdepan Pembangunan Indonesia Di Tengah Pandemi Covid – 19

CILACAP – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional Tahun2021, Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Cilacap menggelar Upacara di halaman Kantor PCNU Jl. Raya Kalisabuk Kesugihan Cilacap, Jumat (22/10/21).

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Ketua PCNU Cilacap KH. Nasrulloh Muchson dan di hadiri oleh Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Auliya Rachman, Forkopimcam Kesugihan, Pengurus Cabang (PC) Muslimat, PC Fataryat, PC GP.Ansor serta undangan lainnya.

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU), Prof. Dr. KH. Said Aqiel Siradj, melalui sambutan yang dibacakan Inspektur Upacara menyampaikan Resolusi Jihad Fii Sabilillah dengan jelas memuat nilai nasionalisme Indonesia yang berbasis Ahlussunnah wal Jamaah, yakni kewajiban mempertahankan kemerdekaan NKRI sebagai satu – satunya pemerintahan yang sah.

“Suatu keputusan politik dan keadamaan penting dari para ulama dan pesantren yang menjadikan negara Indonesia yang baru diploklamirkan waktu itu, tetap tegak berdiri. Indonesia tidak jatuh kembali ke tangan penjajah. Tidak salah jika dikatakan tidak ada peristiwa 10 November di Surabaya, tanpa Resolusi Jihad alias Hari Santri,” Ucapnya.

Jika 10 November 1945 adalah titik awal dikumandangkan revolusi Indonesia, maka resolusi Jihad menunjukkan peran besar santri dalam menegakkan kemerdekaan negara ini.

“Pada Hari santri 2021 ini, saya hendak membangkitkan kembali semangat perjuangan melawan penjajah, meneguhkan komitmen kebangsaan dan melunasi janji para pendiri bangsa yang telah di tunjukkan para santri terdahulu,” Tegasnya.

Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman, hadiri Upacara Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2021 di halaman Kantor PCNU Cilacap, Jumat pagi(22/10)

Ditemui usai upacara, Wakil Bupati Cilacap Syamsul Auliya Rachman berharap, santri bisa menjadi garda terdepan pembangunan Indonesia di tengah Pandemi Covid – 19.

“Harapanya, santri bisa menjadi penerus bangsa ini, menjadi tokoh lokal, untuk membanggakan bangsa Indonesia kedepan, nasional bahkan internasional. Resolusi Jihad sebagai dasar adanya Hari santri, tentunya bisa menjadi semangat untuk membangun Indonesia lebih baik lagi,” kata Wabup.

(Berita/Intan/BercahayaFm)

dok : Humas