Hari Tanpa Tembakau, Kilang Pertamina Cilacap Tukar Rokok dengan Paket Sehat

Cilacap – Memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia 2021, Kilang Pertamina Cilacap melakukan kampanye setop merokok dengan cara unik. Tim kesehatan dari fungsi medical berkeliling membuka layanan penukaran rokok dengan paket sehat di beberapa titik di lingkungan kerja Pertamina, Senin (31/5/2021).

Tim mendatangi smoking area di wilayah Head Office, area 70, Gate 2 dan Gate 3 Kilang Pertamina Cilacap. Petugas melakukan kampanye tentang bahaya merokok dan mengimbau mereka menukar rokok dengan paket sehat berisi permen pengganti rokok, buah-buahan, masker dan alat ukur oksigen dalam darah oksimetri. Para pekerja maupun mitra terlihat antusias menukarkan rokok mereka dengan paket kesehatan tersebut.

dr. Silvia Pupitarini dari Klinik Pratama Pertamina RU IV Cilacap mengungkapkan kampanye kesehatan ini bertujuan agar para pekerja sadar untuk menghentikan kebiasaan merokok. “Kita tahu kebiasaan merokok bisa menyebabkan serangan jantung, dan stroke. Kampanye hari ini adalah edukasi kepada pekerja untuk berhenti merokok, minimal untuk jangka pendek ini mengurangi,” katanya.

Lebih lanjut, oksimetri penting dibagikan agar para perokok bisa melakukan pemeriksaan oksigen dalam darah dan denyut nadi secara mandiri. Melalui alat ini, para perokok bisa mengontrol ambang batas angka kerawanan oksigen dalam darah. “Ambang batasnya adalah 96. Kurang dari itu berarti kemampuan paru-paru mengambil oksigen bermasalah, harus ada tindakan medis,” jelas Silvia.

Terlebih di masa pandemi saat ini, kata dia ada tren happy hipoksia. Artinya, meski kondisi paru-paru sedang bermasalah, tapi tidak ada keluhan dari yang bersangkutan. “Maka tidak heran jika ada yang tiba-tiba anfal akibat serangan jantung. Inilah yang harus diwaspadai,” tegas Silvia.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina RU IV Cilacap, Hatim Ilwan menyebutkan kesehatan pekerja sangat berkaitan dengan produktifitas. Maka, kilang terbesar dan paling strategis di Indonesia ini memiliki perhatian serius pada kesehatan pekerja. “Kesehatan pekerja adalah aset yang sangat berharga. Dalam momentum Hari Tanpa Tembakau Sedunia hari ini, kami mendukung berbagai upaya menjaga kondisi prima para pekerja, termasuk kampanye setop merokok,” pungkasnya.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *