Harkitnas Momentum Bangkit Bersatu Pasca Pemilu


Wakil Bupati Syamsul Aulia Rachman, Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap Farid Ma’ruf, Forkopimda, kepala dan perwakilan OPD, dalam peringatan Harkitnas ke – 111 di Alun – alun Cilacap, Senin (20/05/19).

Tanggal 20 Mei ini diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional atau Harkitnas. Peringatan ini dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Cilacap dengan menggelar upacara pada Senin pagi tadi di Alun-alun. Peringatan Harkitnas ke-111 tahun ini menjadi momentum untuk Indonesia bangkit bersatu dan memperkokoh kesatuan bangsa pasca pelaksanaan Pemilu 2019.

Situasi pasca pesta demokrasi dinilai menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat. Sehingga segala bentuk perbedaan pilihan dalam pemilu diminta untuk tidak dijadikan ajang perpecahan di Indonesia, tak terkecuali Kabupaten Cilacap. Demikian disampaikan Bupati Cilacap – Tatto Suwarto Pamuji selaku Inspektur Upacara saat membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.  

Katanya, hasil pesta demokrasi diminta untuk dapat diterima seluruh masyarakat Cilacap. Namun jika terdapat ketidakpuasan terhadap hasil pemilu, diharapkan dapat disikapi secara bijak, yakni melakukan tindakan sesuai prosedur  yang ada, sebagai bentuk menghargai proses maupun hasil demokrasi.

“Kita harus menerima hasilnya apapun kita serahkan kepada lembaga resmi yang telah ditetapkan Undang-undang pada tanggal 22 Mei mendatang dan harus kita hormati. Kalo kurang puas harus melalui jalur yang resmi melalui MK dan Bawaslu,” kata Tatto.

Bupati menilai, saat ini Cilacap harus kembali fokus bekerja dan memahami nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

“Soal people power, saya menghimbau sudahlah sekarang saatnya masyarakat untuk kerja kerja dan kerja di Cilacap. Mari kita hormati bersama hasil pemilu dengan bijak. Karena hasil pemilu adalah suara rakyat dan itu juga suara Tuhan,” imbuhnya.

Sementara itu Dandim 0703 Cilacap – Letkol Inf Wahyo Yuniartoto mengatakan, peringatan Harkitnas harus menjadi tanggung jawab seluruh elemen bangsa, khususnya masyarakat Kabupaten Cilacap. Yakni melanjutkan perjuangan bangsa negara Indonesia.

“”Kebangkitan kita setiap waktu dan kita terus melanjutkan perjuangan bangsa ini demi bangsa negara. Kita harus hadir dalam setiap kesempatan yang ada,” tegas Dandim. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *