Honor GTT PTT Bakal Cair Sebelum Lebaran


Kabid PPTK pada Dinas P dan K Cilacap – Paiman

Para guru honorer di Cilacap tampaknya sedikit tersenyum karena kabar gembira honor mereka yang belum terbayarkan sejak tiga bulan terakhir akan segera cair. Mereka adalah Guru Tidak Tetap, Pegawai Tidak Tetap atau GTT PTT yang berjumlah ribuan orang, dan akan menerima pencairan sesuai target sebelum lebaran mendatang.

Namun Kabid PPTK pada Dinas P dan K Cilacap – Paiman mengatakan,  ternyata ada perbedaan dokumen pelaksana anggaran atau DPA definitif  2019 dengan hasil verifikasi  jumlah GTT PTT di Cilacap. Hal tersebut terjadi karena penetapan dan verifikasi dilaksanakan pada waktu yang berbeda.  Sehingga perbedaan jumlah yang ada mengharuskan dinas terkait untuk melakukan usulan perubahan RKA / DPA dan penambahan anggaran untuk pemenuhan hal tersebut.

Lebih lanjut, terkait molornya pencairan honor GTT PTT dinilai karena keterlambatan penyerahan SPJ ke Dinas P dan K. Sementara besaran honor yang diterima setiap GTT PTT masih sekitar 600 ribu rupiah.

“Di tahun 2019 semua guru kita verifikasi, yang lolos ada 4516 orang, termasuk guru yang kemarin terverikasi kita verikasi ulang. Kalau pencairan molor karena memang proses verifikasi cukup memakan waktu dan baru rampung akhir Februari. Sementara SPJ dari guru ke kita baru masuk bulan April kemarin dan SPJ itu juga harus ditandatangani langsung oleh yang bersangkutan. Setelah SPJ siap dibulan Mei ternyata masih ada kendala administrasi yang harus kembali disiapkan,” ungkap Paiman.

Sementara Kepala Dinas P dan K Cilacap – Budi Santosa saat dikonfirmasi Bercahaya FM membenarkan soal pencairan honor GTT PTT yang ditargetkan rampung pada bulan ini atau sebelum lebaran. Dan pihaknya optimis hal tersebut bakal tercapai. Ia berharap, GTT PTT di Cilacap dapat menahan diri dan menyikapi hal tersebut secara  sabar dan bijaksana.

“99 persen gambaranya sudah ada dan insya Allah pencairannya sudah siap pada bulan ini sebelum lebaran,”tandasnya. (guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *