HUT RI ke 75, Momentum Refleksi Diri Untuk Tetap Semangat dan Bersyukur

Bupati Cilacap – Tatto Suwarto Pamuji bertindak sebagai inspektur upacara peringatan HUT RI ke 75 di halaman pendopo Kabupaten Cilacap.

CILACAP – Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekan Republik Indonesia ke 75, menjadi momentum untuk merefleksikan diri bagi seluruh anak bangsa. Diantaranya diaplikasikan dalam bentuk metauladani nilai – nilai luhur dan spirit perjuangan serta jasa dari para pahlawan sebelum maupun sesudah kemerdekaan.

Terlebih ditengah pandemi Covid19 yang masih berlangsung sampai saat ini, setiap individu diminta untuk selalu semangat menjalani tantangan hidup dan selalu bersyukur.

Hal tersebut sesuai amanat dari Gubernur Jawa Tengah – Ganjar Pranowo yang dibacakan oleh Bupati Cilacap – Tatto Suwarto Pamuji pada upacara peringatan HUT RI ke 75 lingkup Pemkab Cilacap, di halaman pendopo Kabupaten Cilacap, Senin pagi, (17/08/20).

Berdasarkan pantauan tim liputan khusus Bercahaya FM Cilacap, kendati menggunakan standar protokol kesehatan Covid19 yang ketat, kegiatan ini berlangsung dengan hidmat dan lancar.

Mengenai spirit HUT kemerdekaan Indonesia ke 75 , secara terpisah Sekertaris Daerah Cilacap – Farid Maruf mengungkapkan rasa syukurnya atas kekompakan serta keharmonisan dari seluruh elemen di Kabupaten Cilacap. Sehingga dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir beberapa program pembangunan, diklaim telah berhasil direalisasikan sesuai dengan target maupun tujuan dari RPJMD.

“Diantaranya pencapaian kita sebelum pandemi Covid19 mewabah, angka kemiskinan di Cilacap berhasil diturunkan. Selanjutnya pembangunan terencana berupa peningkatan sarana jalan rigid beton dibeberapa wilayah. Hal ini dengan maksud untuk membantu menggerakkan perekonomian didaerah khususnya di daerah pedesaan, lingkup Kecamatan, hingga Kabupaten atau perkotaan,” ungkap Farid.

Terkait persiapan guna menyongsong “Adaptasi Kebiasaan Baru”, Sekda mengatakan, hal tersebut memerlukan peranan dari seluruh pihak dengan menjalankan protokol kesehatan.

Seperti hidup bersih dan sehat, serta rutin berolahraga. Sehingga nantinya diharapkan Covid19 dapat berakhir dan menjadikan roda perekonomian di Cilacap kembali berputar,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam serangkaian peringatan HUT RI ke 75, jajaran Pemkab Cilacap dan forkopimda turut mengikuti jalanya peringatan serupa yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta melalui media virtual. Dalam kesempatan tersebut Bupati Cilacap mengenakan pakaian adat daerah asli Cilacap.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *