Implementasikan Budaya Adaptif, Perwira Pertamina Kilang Cilacap Ikuti Archery Competition

Cilacap, (26/12/2021)- Semarak perayaan HUT ke- 64 PT Pertamina (Persero) dan 4 tahun PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) di RU IV Cilacap masih berlangsung dengan berbagai lomba. Badan Pembina Olahraga (Bapor) RU IV menggelar lomba panahan kategori anak usia 12 tahun, 17 tahun, kategori ibu-ibu dan pekerja baik perorangan maupun beregu. Acara berlangsung selama 2 hari di Lapangan Tembak & Panahan Tegalkatilayu, Sabtu – Minggu (25 – 26/12/2021).

Pembina Cabang Olahraga (Cabor) Menembak dan Panahan Bapor RU IV, Dani Rahmawan mengatakan lomba ini melibatkan pekerja dan keluarga. “Olahraga ini dapat diikuti semua usia, kami libatkan juga anak- anak untuk melatih daya fokus, kesabaran, keseimbangan dan menguatkan otot tangan. Ini karena panahan adalah olahraga yang menempatkan tekanan pada kedua otot tangan, otot dada, bahu dan punggung,” jelasnya.

Senada, General Manager (GM) PT KPI, RU IV Cilacap Eko Sunarno menyatakan dengan melibatkan pekerja dan keluarga olahraga menjadi ajang untuk mengenal lebih dekat satu sama lain. “Tidak hanya antara pekerja, tapi juga mendekatkan hubungan dengan keluarga dan semua bisa ikut bergembira merayakan HUT tahun ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Eko setiap olahraga pasti ada nilai positif yang bisa diimplementasikan dalam pekerjaan. “Memanah ini butuh konsentrasi dan tenaga sehingga dapat menjadi ajang melatih fokus agar dapat terus mengemban amanah menjaga kedaulatan energi,” katanya.

Selain itu, tata nilai Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif (Akhlak) yang dapat diterapkan adalah nilai kompeten dan adaptif. “Kompeten, karena olahraga mengajarkan kita untuk berkompetisi secara sehat. Adaptif, dengan memanah menempatkan kita untuk beradaptasi dengan sekitar, cuaca panas, arah angin dan bisikan rekan kanan kiri yang seharusnya tidak membuat goyah, percaya diri itu kuncinya, ” pesan Eko.

Hasil kejuaraan, kategori anak-anak usia 12 tahun diraih oleh Azam, Syawal, dan Alif. Sedangkan 3 terbaik usia 17 tahun, masing-masing mendapatkan nilai 308, 227, dan 156. Adapun 3 terbaik kategori ibu-ibu beregu diborong fungsi produksi, serta 3 terbaik kategori pekerja beregu diraih tim Produksi 2A, Produksi 3A dan tim Produksi 2B. Selanjutnya kategori recurve pekerja juara 1 Erlangga dari Lube Oil Complex (LOC) II, juara 2 Mardiyono LOC III, dan juara 3 Rizky Nur Azis pekerja bagian Sulfur Recovery Unit (SRU).

Kompetisi ini juga diikuti tim Manajemen dan Section Head pada laga ‘Barebow Executive’. Tampil sebagai terbaik pertama, Agus Rahmat Jamal (Section Head Process Engineering Area 2), disusul Cecep Supriyatna (Area Manager Communication, Relations & CSR) dan peringkat ketiga, Andi Krishnanta (Section Head LOC III).