Incar Kriteria Nindya, Ini Strategi Dinas KB PPPA Cilacap

CILACAP – Masih mengenai Kabupaten Layak Anak 2021, kendati Kabupaten Cilacap sudah meraih Kriteria Madya dengan 700 poin, hal ini tidak menjadikan Dinas KB PPPA merasa puas. Justru belakangan sejumlah program maupun kesiapannya terus digenjot guna meraih hasil lebih baik di tahun ini.

Kepala Dinas KB PPPA Cilacap – Murniyah mengungkapkan, bahwa  terkait strategi untuk meraih hasil apik di tahun ini, dikatakan evaluasi secara berkala terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Cilacap melalui Dinas terkait maupun lintas sektoral.

“Salah satunya melengkapi data dukung fisik di lapangan yang masih perlu dilengkapi. Contohnya, terdapat bukti foto namun tidak terdapat kelengkapan lain.  Yakni seperti undangan, atau daftar hadir, atau SK TIM. Karena memang penilaiannya sangat ketat, kita bekerja keras untuk melengkapinya,” kata Murniah.

Hal ini dilakukan lantaran kelengkapan dokumen dinilai menjadi aspek penting yang menjadi sorotan dari tim penilai, bahwa program yang dijalankan memang nyata dan tentunya hal tersebut secara otomatis akan menambah point penilaian.

Sejauh ini, menurutnya terdapat beberapa data dukung yang mampu menambah poin Kabupaten Cilacap. Diantaranya kegiatan yang berkaitan dengan Kabupaten Layak Anak selama masa pandemi Covid-19.

“Ini sudah kami kumpulkan secara bertahap melalui tim yang berisikan puluhan perwakilan dari dinas lain maupun kelembagaan yang ada di Cilacap,” kata Murniah.

Murniyah mengungkapkan, beberapa kegiatan juga turut dijalankan dengan langkah bersinergi bersama media. Hal ini dinilai sebagai bukti adanya perecepatan informasi maupun program kerja dari dinas KB PPPA Cilacap. Salah satunya dengan menggandeng LPPL Radio Bercahaya FM yang telah memberikan wadah ruang dialog informatif dan mengedukasi masyarakat Kabupaten Cilacap secara berkelanjutan.

“Kita juga melakukan percepatan diantaranya bekerjasama tayang secara live on air dengan Bercahaya FM tentang sosialisasi perlindungan anak, pemberdayaan perempuan maupun lainnya,” papar Murniyah.

Dalam kesempatannya, Murniyah berharap semua SKPD dan stakeholder yang terkait diminta dapat saling membantu untuk mewujudkan Kabupaten Cilacap menjadi Kabupaten Layak Anak, minimal sama dengan tahun sebelumnya yaitu madya, atau naik ke tingkat Nindya.

“Mohon doa dan peran serta dari semua pihak untuk KLA tahun ini agar Cilacap mampu mempertahankan tren baik maupun meningkatkan kriteria menjadi Nindya,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *