Inovatif, Pilketos di SMP Negeri 4 Cilacap Dilakukan Via Daring

CILACAP – Kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung saat ini, dinilai tidak menjadi halangan bagi sejumlah kalangan dari dunia pendidikan untuk tetap menjalankan beberapa kegiatannya terhadap siswa. Seperti yang dilakukan para guru di SMP Negeri 4 Cilacap, yang justru berdamai dengan keadaan.

Di era pandemi, mereka menyelaraskan tugas dan tanggung jawabnya sebagai guru dan mulai menjawab tantangan yang ada saat ini dengan berbagai inovasi.

Salah satunya yakni menciptakan ladang amal untuk menuntun siswa dalam mempersiapkan masa depan. Haal ini diwujudkan melalui terobosan baru dari pemilihan ketua OSIS atau Pilketos yang digelar via Daring atau Online.

Sementara Pelantikan Ketua Osis di SMP Negeri 4 Cilacap dan pelantikan pengurus OSIS masa bakti 2020 – 2021, diselenggarakan di Aula setempat, Senin, (09/11/2020).

Pelantikan yang berlangsung dengan khidmat tersebut dipimpin oleh Landung Baskoro, S.Or, M.Pd. selaku Waka Kesiswaan disaksikan oleh Guru SMP Negeri 4 Cilacap.

Landung Baskoro, S.Or, M.Pd. selaku Waka Kesiswaan mengungkapkan, Pilketos ini menurutnya adalah ajang yang cukup baik bagi siswa. Sebab didalamnya syarat tentang pendidikan politik maupun edukasi berorganisasi sejak dini terhadap siswa.

Disinggung soal teknis Pilketos via Daring, Landung menjelaskan, layaknya Pemilu, kegiatan ini diawali dengan sejumlah tahapan. Yakni mulai dari pendaftaran bakal calon, calon, pemilihan Ketua OSIS, hingga pada tahap pelantikan pengurus OSIS.

Namun demikian, dikatakan bahwa pelaksanaan pilketos SMP Negeri 4 Cilacap dilaksanakan secara virtual dengan dukungan jaringan internet yang sebelumnya telah disiapkan baik dari pihak sekolah maupun setiap siswa.

Lebih lanjut, Landung Baskoro mengungkapkan, Pilketos di era pandemi menurutnya telah menjadikan media pembelajaran yang asik dan partisipatif bagi siswa di SMP Negeri 4 Cilacap. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme para siswa yang turut mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam kesempatannya, pihaknya turut berpesan kepada pengurus OSIS terlantik agar nantinya mampu bertugas secara optimal. Selain itu dia juga meminta kepada seluruh siswa untuk tetap kompak dalam mewujudkan komitmen bersama untuk ikut serta mendukung Pemkab Cilacap dalam mencegah penularan maupun penyebaran Covid-19. Yakni dengan menjalankan seluruh protokol kesehatan.

“Untuk Ketua maupun pengurus OSIS terlantik diharapkan dapat menjalankan tugasnya secara optimal. Kemudian kita semua harus tetap kompak dan konsekuen untuk menjaga kesehatan, jaga jarak, tetap pakai masker dan jangan bepergian jika tak ada kepentingan mendesak makanya pelantikan pilketos ini dilaksanakan secara virtual,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua MPK – Abel mengatakan, kendati tahapan dalam pilketos cukup kompetitif namun dinilai cukup asik. Sebab dalam prosesnya, siswa mendapatkan banyak pengalaman berorganisasi yang kemudian bisa dijadikan bekal masa depan.

“Sekolah sangat mendukung dan mengapresiaasi. Kepala sekolah, wakil kepala sekolah hingga tenaga administrasi sekolah pun sangat mendukung. Ini bisa jadi modal dan  batu loncatan bagi kami sebagai penerus bangsa agar menjadi lebih baik ke depannya,” tutur Abel yang dikenal sebagai siswa pecinta pelajaran Matematika.

Sementara itu pembina OSIS – Yuli berharap, segala keterbatasan yang ada dalam penyelegaraan Pilketos di masa pandemi Covid-19 dapat menjadi pelajaran berharga dari seluruh pihak. Sehingga nantinya mampu menghasilkan produk pembelajaran yang benar – benar dapat dirasakan manfaatnya, khususnya dalam dunia Pendidikan.

“Saya berharap untuk pelaksanaan pelantikan pengurus osis berikutnya dapat terus berjalan dengan baik, tentunya harus didukung semangat tinggi dan koordinasi antar pembina osis saling kerjasama serta saling membantu,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *