Intensifkan Operasi Yustisi Covid-19, Alun – Alun Cilacap Disterilisasi Hingga Dihujani Disinfektan

CILACAP – Satgas Covid-19 Kabupaten Cilacap bersama TNI Polri  kembali mengintensifkan operasi yustisi penanggulangan penyakit khususnya Covid-19. Tak tanggung – tanggung kali ini operasi dijalankan secara tegas dengan menyasar para pengunjung maupun pedagang disekitaran alun – alun Cilacap, pada Rabu malam.

Kabid PUU Daerah pada Satpol PP Cilacap – Bachtiar Ahmad.

Kepala Satpol PP Cilacap – Yuliaman Sutrisno melalui koordinator tim pelaksana operasi yustisi ini, yakni Kabid Perundang – Undangan Daerah pada Satpol PP Cilacap – Bachtiar Ahmad mengungkapkan, sedikitnya ada puluhan personel gabungan yang diterjunkan dalam operasi tersebut.

Lebih lanjut, dipilihnya alun – alun sebagai sasaran operasi yustisi, menurutnya belakangan ini pasca lebaran terdapat aktifitas masyarakat yang mulai menimbulkan kerumunan. Dalam hal ini dia menegaskan, petugas berupaya menggugah kembali kesadaran masyarakat Kabupaten Cilacap terhadap disiplin serta patuh pada protokol kesehatan.  

Terkait bentuk kegiatan yang dilaksanakan, dia menjelaskan, bahwa kali ini petugas memberikan edukasi serta sosialisasi kepada masyarakat terntang prokes Covid-19, kemudian juga dilakukan pemeriksaan kesehatan berupa swab secara acak pada sejumlah pedangang, serta upaya penetralisiran area alun – alun Cilacap dengan cara dihujani disinfektan menggunakan bantuan mobil Damkar Cilacap.

“Kami Satgas Covid-19 Kabupaten Cilacap diantaranya terdiri dari Satpol PP, Dishub, BPBD maupun TNI/POLRI serta lainnya, melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, operasi masker, penertiban pedagang sesuai ketentuan batas waktu berjualan. Kemudian juga melakukan Swab acak yang sejauh ini sudah menyasar 17 orang pedagang dengan hasil negatif Covid-19, serta sterilisasi lokasi alun – alun dengan penyemprotan disinfektan menggunakan mobil damkar,” kata Bacthiar.

Salah satu pedagang – Nasib mengikuti jalanya pemeriksaan kesehatan Swab Covid-19.

Sementara itu salah satu pedagang setempat – Nasib mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi langkah pemerintah kabupaten Cilacap yang telah peduli kepada masyarakat maupun pedangang dengan memberikan layanan swab antigen Covid-19.

“Tentunya senang dan kami berterimakasih untuk Pemerintah Kabupaten Cilacap yang sudah sangat membantu kami, karena jarang hal seperti ini. Sebelumnya saya belum pernah di swab, sekarang jadi tau rasanya gada efek samping cuma ingin bersin aja karena dimasukkan alat medis,” tandasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *