Jalan Baru di Area Project RDMP Pertamina Cilacap, Diujicobakan

Cilacap – Jalan raya baru yang melintasi area project Refinery Development Master Plan (RDMP) PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) IV Cilacap, dibuka untuk uji coba, mulai Jumat (16/12/2021). Uji coba direncanakan berlangsung selama satu minggu ke depan.

Diketahui jalan yang diberi nama MT Haryono Relokasi ini menjadi jalur baru yang membelah Jalan MT Haryono di sisi barat dengan Jalan Ir. H. Juanda di sisi timur. Jalan baru sepanjang 3.100 m ini dibuat seiring rencana pembangunan project RDMP RU IV Cilacap yang menempati sebagian jalan MH Thamrin di sisi timur.

Uji coba dihadiri Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji; Senior Manager Project RDMP, Fajar Basuki; General Manager PT KPI RU IV Cilacap, Eko Sunarno; KBO Satlantas Polres Cilacap, IPTU Khamami, dan petugas Dinas Perhubungan Kabupaten Cilacap.

IPTU Khamami membenarkan, uji coba dilakukan selama satu minggu ke depan dilanjutkan dengan tahap evaluasi. “Nanti bersama Dinas Perhubungan, kami akan mengevaluasi terkait kelengkapan, rambu dan marka jalan selama masa uji coba ini,” katanya.

Ditegaskan, pembukaan resmi jalan baru ini menunggu informasi dari project RDMP dan serah terima kepada Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) RI. “Belum ada informasi terkait pembukaan resmi jalan baru ini. Kita lihat dulu bagaimana perkembangan selama satu minggu uji coba,” ujar Khamami.

Di tempat yang sama, Fajar Basuki menyatakan jalan MT Haryono Relokasi memiliki kelengkapan seluruh jalan yang dipersyaratkan, sehingga layak untuk diujicobakan. “Masa pembangunan jalan baru ini sekitar 1,5 tahun sejak Januari 2020. Secara teknis jalan ini sudah sempurna dan sesuai standar pembangunan jalan,” imbuhnya.

Bupati dalam pernyataannya menyampaikan apresiasi kepada pihak RDMP atas dibukanya jalan baru yang lebih lebar dan memperlancar aktivitas masyarakat. “Atas nama pribadi dan pemerintah kami sampaikan terimakasih kepada pihak Pertamina khususnya RDMP dengan uji coba jalan baru ini,” katanya.