Jateng Digital Festival, Wabup Cilacap : Saatnya Angkat Potensi Lokal Melalui Digitalisasi

CILACAP – Perkembangan teknologi serta informatika menuntut semua pihak untuk dapat mengikuti arus digitalisasi. Diantaranya mulai dari aspek ilmu pendidikan,  layanan jasa, perbankan, hingga perekonomian melalui platform jual beli online, serta pemerintahan.

Hal ini seperti yang disampaikan Gubernur Jateng – Ganjar Pranowo dalam sambutannya pada gelaran Jateng Digital Festival yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di Hotel Tentrem Semarang, Kamis 9 September 2021.

Turut hadir dalam acara tersebut sejumlah perwakilan daerah, satu diantaranya Bupati Cilacap – Tatto Suwarto Pamuji yang diwakilkan Wakil Bupati Cilacap – Syamsul Aulia Rahman.

Lebih lanjut, Ganjar mengatakan bahwa penggunakan platform digital sudah terbukti mampu mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah. Yakni diantaranya melalui terbentuknya pasar digital dengan diakselerasikan pada program UMKM yang dinilai belakangan ini menjadi lebih bergairah dan naik kelas.

“Olehkarenanya memasuki era digital ini harus dapat dimanfaatkan secara optimal. Tentunya tidak terkecuali dikembangkan dengan langkah kerjasama antar daerah di Jateng,” tambahnya.

Sementara itu Wakil Bupati Cilacap – Syamsul Aulia Rahman menyatakan, bahwa kegiatan Jateng Digital Festival memberikan pesan kepada pemerintah daerah serta masyarakat Kabupaten Cilacap. Yakni khususnya terkait masa pandemi saat ini yang menurutnya harus tetap dapat dijalani dengan menyesuaikan diri  melalui pemanfaatan teknologi maupun digitalisasi.

“Kemudian kunci sukses untuk pemerintah daerah adalah membentuk kerjasama antar pemerintah daerah guna mengoptimalkan potensi yang dimiliki. Untuk Kabupaten Cilacap dikatakan ada sektor pertanian maupun UMKM yang dapat dikerjasamakan melaului Goverment to Goverment,” jelas Syamsul.

Syamsul juga mengajak seluruh pihak dapat merubah diri menjadi lebih baik dalam menyambut kemajuan zaman agar tidak terdegradasi.

Selain itu pihaknya turut meberikan apresiasinya kepada Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Cilacap yang sudah berhasil mengoptimalkan potensi daerah, terutama sektor pertanian yang dinilai mampu menekan inflasi di Cilacap.

(Guruh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *