Kapal Pengayoman IV Tenggelam Di Perairan Nusakambangan, Dua Orang Meninggal Dunia

CILACAP – Kapal Pengayoman IV tenggelam di perairan Nusakambangan Kabupaten Cilacap pada Jumat 17 September 2021. Dari tujuh orang penumpang, dikabarkarkan dua diantaranya dinyatakan meninggal dunia akibat musibah laka laut tersebut.

Dalam pers rilis yang digelar di Dermaga Wijayapura Cilacap, Kepala Basarnas Cilacap – I Nyoman Sidakarya mengungkapkan, musibah bermula dari  kapal milik Kemenkumham RI ini diketahui sedang membawa sejumlah 7 penumpang yang terdiri dari satu orang Nahkoda, dua orang anak buah kapal atau ABK,  dan empat penumpang lainnya. Selain itu juga ada dua kendaraan truk tronton bermuatan pasir, dan satu kendaraan sepeda motor.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, ketika melakukan perjalanan dari dermaga Wijayapura menuju dermaga Sodong pulau Nusakambangan sekitar jam 9 pagi, kapal tersebut mengalami oleng lantaran dihantam arus dan angin kencang. Akibatnya kapal yang diketahui buatan tahun 2012 ini, terseret arus dan terbalik hingga akhirnya tenggelam.

“Memang saat ini cuacanya angin kencang dan arusnya keras, karena membawa truk pasir yang berat kapal kemudian oleng hingga terbalik dan tenggelam di titik koordinat 07°44’25.5″ S 108°59’29” E.,” ungkapnya.

Adanya kejadian ini, Basarnas Cilacap, TNI-POLRI dan unsur lainnya, kemudian melakukan upaya evakuasi terhadap para korban.

“Upaya yang di lakukan kita melakukan penyelaman dan penyisiran di permukaan air disekitar lokasi kejadian. Alut SAR yang di kerahkan seperti RIB, Rubber Boat, KN 425, KLN 526, KAL Serayu, Tugboat, Kapal Survey, Kapal Rambu. ,” imbuhnya.

Diketahui dua orang ditemukan dalam kondisi meninggal dunia adalah Wahyu Hidayat anggota Lapas Batu Nusakambangan, warga desa Karangreja RT 01/ RW 03, Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap, dan satu orang supir truk bernama Kardim asal jalan Sengon no. 36/ RT 02/ RW 4, Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap.

Sementara lima orang lainya dinyatakan selamat dan kini menjalani perawatan di Rumah Sakit terdekat. Adapun daftar nama korban selamat, antaralain Kapten Kapal – Subagyo Antoro asal Desa Kuripan RT 02/ RW 09 Kecamatan Kesugihan Cilacap, dan Satu orang CPNS Lapas Batu – Melda Subondo asal kelurahan Mersi RT 04/ RW 04, Kecamatan Purwokerto Timur.

Selanjutnya Diki asal desa Tumiyang RT 01/ RW 03, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas, dan Suheris warga jalan damar RT  06/ RW 09, Kelurahan Tritih Kulon, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap.

Pihaknya menambahkan, Kendati sejumlah korban sudah ditemukan, tim gabungan akan terus melakukan upaya penyelamatan dan pencarian.

“Hal ini kami lakukan guna memastikan tidak adanya korban lain yang masih ada didalam bangkai kapal Pengayoman IV di perairan Nusakambangan,” tandasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *