Kebakaran Ketiga Kalinya, Pabrik Pengolahan Kayu di Majenang Alami Kerugian Hingga 1,3 Milyar

CILACAP – Pabrik pengolahan kayu di Kecamatan Majenang terbakar Senin (27/12/21) sekitar pukul 13.45 WIB. Pabrik kayu PT Sabda Alam Prima Nusa Majenang beralamat di Jl. Cigobang Desa jenang Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran Supriyadi mengatakan, kebakaran pertama kali di ketahui oleh salah satu karyawan pabrik yang melihat kobaran api di ruangan oven nomer 4. Sontak, karyawan berteriak minta tolong dan berusaha memadamkan api menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Namun, api tidak dapat dikendalikan sehingga menjalar ke ruangan oven yang lain.

“Karena volume oven yang terlalu banyak, yakni kurang lebih 220 meter kubik kayu menimbulkan api yang menyala semain cepat menjalar. Kemudian menghubungi pos damkar Majenang kurang lebih respon time 3 menit sampai dilokasi dan dibantu juga oleh pos damkar Sidareja, damkar Kota Banjar Jawa Barat dan pos Damkar Cilacap dengan total ada 5 unit. Kebakaran dapat di kendalikan kurang lebih pukul 16.00,” kata Supriyadi.

Supriyadi mengatakan, kebakaran tersebut mengakibatkan kerusakan bangunan yang berukuran 15×12 meter dengan volume kayu 220 meter kubik. meski tidak ada korban jiwa, namun total kerugian di taksir mencapai RP. 1,3 milyar.

Berdasarkan data dari Damkar Cilacap, bahwa kebakaran kayu di PT Sabda Alam Prima Nusa Majenang di tahun 2021 ini ialah kebakaran yang ketiga kalinya, dalam beberapa tahun terakhir.

“Saya menghimbau kepada para pemilik pabrik pengolahan kayu, untuk lebih berhati – hati memantau terjadinya overhead pada mesin, kemudian untuk lebih di pertimbangkan jarak aman antara penempatan kayu dengan mesin yang menimbulkan suhu panas sehingga hal – hal yang sedemikian tidak terulang kembali,” himbau Supriyadi. (tan/bercahayafm)