Peserta Ekraf Fun Trip, Kunjungi Ecoprint di Adiraja Adipala

CILACAP – Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap, bersama para peserta Ekraf Fun Trip  & Workshop Digital Marketing tahun 2021, mengunjungi salah satu pelaku usaha Batik Dan Ecoprint di Desa Adiraja Kecamatan Adipala, Rabu (22/09/21).

Ecoprint adalah teknik memberi warna dan corak (motif) pada kain dengan menggunakan bahan alami. bahan alami yang digunakan antara lain daun, bunga kayu atau bagian tanaman lainnya yang memiliki corak dan warna yang khas.

Ketua Komite Ekonomi Kreatif Kabupaten Cilacap Insan Indah Pribadi mengatakan, kunjungan ini merupakan ajang silaturahmi antar pelaku usaha dan jasa yang berasal dari berbagai sub sektor ekonomi kreatif.

“Kita fokus bagaimana mengembangkan SDM ekonomi kreatif yang ada di daerah, nah salah satunya dengan kegiatan kali ini, kita mengajak teman – teman para pelaku untuk bersilaturahmi, saling mengunjungi dan saling menguatkan satu sama lain, agar kegiatan – kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan potensi  diri dapat berjalan,” jelas Insan.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Komite Ekonomi Kreatif ini mengajak para peserta untuk melihat dan mempraktekan langsung proses pembuatan ecoprint, yang di pandu oleh Supinah selaku narasumber.

“Peserta di ajarkan mulai dari menyiapkan kainnya, cairan yang di pakai, daun yang di gunakan, sampai proses kreasinya, dan teman – teman akan mendapatkan hasil kreasi masing – masing sebagai cenderamata,” tambahnya.

Para peserta Ekraf Fun Trip  & Workshop Digital Marketing, saat melakukan praktek pembuatan ecoprint..

Kepala Disporapar Kabupaten Cilacap Tri Komara Sidhy Wijayanto sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, diharapkan, setelah mendapatkan ilmu dan teknik cara pembuatan ecoprint, para peserta bisa mengembangkannya di wilayah masing – masing.

“Harapannya, peserta ini betul – betul menyerap ilmu, yang namanya bikin kaya gini (ecoprint) kan harus belajar dulu. Misal kalo di Cilacap ada batik madja di Desa Adiraja Adipala, kedepannya nanti bisa di kembangkan di wilayah masing – masing, mudah – mudahan bisa berkembang, bukan hanya di sini, dengan nama batik yang lain terserah, tapi cikal bakalnya di sini, batik tulis maupun batik ecoprint,” kata Tri Komara.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu dan Kamis, 22 dan 23 September, juga dilaksanakan di Hotel Sindoro Cilacap dengan jumlah 30 peserta dari berbagai wilayah Kecamatan di Kabupaten Cilacap. Para peserta kegiatan Ekraf Fun Trip  & Workshop Digital Marketing, Tak hanya berkunjung ke Adiraja saja, para peserta juga berkunjung sekaligus berwisata ke beberapa tempat yang ada di Nusawungu Cilacap, seperti Edu Wisata Tunel Garam Jetis, Rumah Produksi Kerupuk Ciepoerindo dan Pantai Momongan.

(Berita/Intan/BercahayaFm)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *