Kelompok Tani Sari Mukti, Desa Madura Wanareja, Panen 3.500 Pohon Melon Golden

CILACAP – Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap melaksanakan panen raya di Agro Wisata Melon Golden, bersama Kelompok Tani Sari Mukti dan Petani Holtikultura Cilacap, di Dusun Karangsari Desa Madura Kecamatan Wanareja Cilacap. Panen raya di laksanakan selama 2 hari yakni Kamis dan Sabtu, 5 dan 7 Agustus 2021, dengan total panen 3.500 pohon melon golden dari luas lahan 3.500 meter persegi.


Kegiatan panen raya di hadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap, Supriyanto, Kabid Holtikultura pada Diinas Pertanian Budi Setyawan, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Wanareja Yatiman serta para pihak tekait.


“Itu produksi untuk per tanaman, dibikin dua buah, kecil – kecil sesuai permintaan pasar. Satu pohon, antara 2 – 3 kg. Kalo dari tanam sampai panen itu sekitar 70 hari,” kata Koordinator PPL Wanareja, Yatiman.


Bertani melon golden di wilayah Wanareja merupakan hal yang baru, yang merupakan hasil kerjasama dengan Mahasiswa IPB (Institut Pertanian Bogor). Oleh karena itu, baru ada satu kelompok Tani yang membudidayakan Melon Golden.


“Baru ada satu kelompok tani, kemarin sudah di buat oleh Kepala Dinas, rencana kedepan pengembangannya, di luar musim juga mau di tanami lagi.”katanya.


Menurut Yatiman, budidaya Melon Golden tidaklah terlalu rumit, hanya butuh ketlatenan. “Penanamannya, gampang – gampang susah, butuh ketlatenan, tapi lebih sulit dibanding menanam holtikultura lainnya seperti cabai, dan buah – buahan lain” terangnya.


Selain baik untuk kesehatan, melon jenis golden juga memiliki cita rasa manis, renyah dan segar, maka tak heran jika diminati oleh masyarakat. Dibanding melon hijau, jenis melon kuning atau melon golden juga memiliki harga jual lebih tinggi di pasaran. Yakni Rp 20.000 per kg.


“Harga 20 ribu per kg, kita sudah memiliki bangsa pasar, yakni dari banjarnegara, kalo ga ke Bogor atau Bandung,” Ucapnya.


PPL Wanareja berharap, para petani di sekitar wilayah Wanareja, bisa terinspirasi dengan tanaman golden melon, sehingga untuk meningkatkan kesejahteraan dan meningkatkan pendapatan.


“Tidak harus selalu padi saja, bisa diselingi baik itu dengan holtikultura sayuran ataupun buah – buahan lainnya, dan mudah2an harganya juga tetap stabil,” pungkasnya.

Reporter : Intan

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *