KETHOPRAK PRAHARA MUSTIKA DONAN CUKUP DIMINATI PENONTON

Untuk menyebar luaskan informasi pembangunan kepada masyarakat luas, Dinas Kominfo Kabupaten Cilacap berkolaborasi dengan Kelompok FK-METRA Paguyuban Seni Tradisional Kethoprak Kembang Jaya menyelenggarakan Pementasan Kethoprak Panggung Terbu dengan lakon Prahara Mustika Donan.Pementasan Kethoprak yang berlangsung di Halaman LPPL Bercahaya FM Kabupaten Cilacap tersebut mendapat respon positif para penikmat seni kethoprak di Cilacap

Pementasan Kethoprak sebagai salah satu progtram kegiatan Dinas KomunikaSI DAN Informarika Kabupaten Cilacap ini, sekaligus sebagai jawaban atas kerinduan masyarakat terhadap seni tradisional Kethoprak yang memang sangat jarang dipentaskan di wilayah Kabupaten Cilacap. Terlebih lakon yang dipentaskan bersama Paguyuban Seni Tradisional Kethoprak Kembang Jaya Jumat malam ini, mengisahkan Keberadaan Kadipaten Donan yang kala itu dipimpin Dipati Raden Ronggo Sengono, sebagai salah satu kisah babad Cilacap. Ketua Paguyuban Seni Tradional Kethoprak Kembang Jaya, Sulistianto dalam sambutannya menyatakan, pementasan ini sebagai sarana hiburan bagi masyarakat.

Singkat cerita, kadipaten Donan dibawah pimpinan Raden Ronggo Sengono yang makmur, aman dan nyaman, terusik dengan adanhya gangguan oleh seeokor burungGaruda dengan sebutan Garuda Beri yang konon sering menerkam ternak dan memangsa manusia. Ditengah kekalutan suasana, muncullah seorang perjaka bernama Bagus Santri atas perintah Adipati Amon dari daerah seberang yang ikut sayembara yang dibuka oleh Dipati Raden Ronggo Sengoro. Siapapun yang dapat membunuh Garuda Beri, akan dijodohkan dengan putri kesayangannya. Seizin Dipati Raden Ronggo Sengoro, Bagus Santripun mengatur siasat yang pada ahirnya berhasil membunuh Garuda Beri.

Pementasan Kethoprak dengan lakon Prahara Mustika Donan ini, selain dihadiri para tamu undangan dari berbagai unsur masyarak, juga menarik perhatian para penikmat seni tradisional maupun kalangan generasi muda yang ingin mengetahui kisah-kisah masa lalu melalui seni kethoprak. (4ng2id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *