KLA 2021, Kabupaten Cilacap Targetkan Raih Kriteria Nindya

CILACAP – Kabupaten Cilacap terus melakukan persiapannya dalam menyambut evaluasi Kabupaten Layak Anak atau KLA tahun 2021 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Yakni diantaranya dengan terus melaksanakan pengumpulan data pendukung penilaian mandiri agar semua indikator penilaian dapat terpenuhi dan mampu terjawab.

Demikian disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten Cilacap – Dian Setyabudi pada Rakor Evaluasi Kabupaten Layak Anak tingkat Kabupaten Cilacap, di Aula Diklat Praja, Jumat pagi, (26/03/21). Kegiatan berlangsung dengan menerapkan prokes Covid-19 secara ketat.

Pada kesempatannya dia juga menyatakan, evaluasi KLA dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu penilaian mandiri melalui website, verifikasi administrasi dan verifikasi lapangan hybrid sebagaimana jadwal yang telah ditentukan.

Penilaian mandiri dimaksud meliputi pengisian kuesioner dengan menyertakan dokumen,data dukung kegiatan pada tahun 2019, tahun 2020, sampai dengan akhir Maret 2021 berupa soft copi, hardcopi yang ditandatangani pejabat yang berwenang.

“Contohnya seperti dokumen, data dukung dimaksud antara lain regulasi, DPA Kegiatan, SK Tim, foto, notulen, laporan kegiatan, daftar hadir, data tabel. Bahkan dalam setiap kegiatan diminta untuk dapat disertai minimal memuat  dua  dokumen pendukung,” papar Diyan.

Lebih lanjut, seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah diwajibkan mengikuti tahap penilaian mandiri ini diberikan batas waktu penginputan data paling lambat 2 April 2021 mendatang. Olehkarenanya berbagai indikator penting diharapkan dapat segera dipersiapkan oleh Dinas terkait.

Diyan menyebutkan,  pada Evaluasi Kabupaten Layak anak selama 3 tahun terakhir sejumlah torehan apik berhasil dicatatkan oleh Pemkab Cilacap. Yaitu dari tahun 2015 sampai tahun 2018 kabupaten Clacap memperoleh Kategori Pratama, kemudian pada tahun 2019 naik tingkat dengan memperoleh gelar Kategori Madya.

“Kalau pada tahun 2020 evaluasi KLA ditiadakan karena ada pandemi covid. Untuk Kriteria Madya yang diperoleh Kabupaten Cilacap ini didapat dari nilai indikator setiap kluster yang sudah cukup tinggi,” kata dia

Terkait target di KLA 2021, dikatakan bahwa Kabupaten Cilacap yang masih menyandang KLA kriteria Madya didorong untuk meraih hasil yang lebih baik, yakni naik menjadi kategori Nindya.

“Saya berharap dalam persiapannya seluruh pihak untuk dapat mendukung upaya Pemkab meraih torehan prestasi di KLA 2021 yakni kriteria Nindya,” pungkasnya.

(Guruh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *