Komitmen Jaga Kesehatan Pekerja, Kilang Pertamina Cilacap Tambah Fasilitas Daily Check Up

Cilacap – Kilang Pertamina Cilacap membuktikan komitmennya dalam menjaga kondisi dan kesehatan para pekerja. Hal ini salah satunya diwujudkan dengan dibukanya fasilitas Daily Check Up (DCU) di pintu masuk kilang Gate 3. DCU yang diberi nama ‘Fit Harmonis Center’ ini baru saja diresmikan penggunaannya oleh General Manager Pertamina RU IV Cilacap, Joko Pranoto, Selasa (2/6/2021).

Kehadiran DCU ini melengkapi fasilitas serupa di area Gate 2 bernama ‘Fit Kompeten Center yang diresmikan pada Desember 2020 lalu. “Kami konsisten dalam penerapan ketat protokol kesehatan untuk seluruh pekerja, termasuk yang masuk area kilang. DCU ini menjadi gerbang utama memastikan hanya pekerja yang fit yang bisa masuk,” ujar Joko Pranoto.

Maklum saja, kata Joko kilang Pertamina Cilacap berperan sebagai penyedia sepertiga kebutuhan BBM Nasional dan 60 % kebutuhan BBM di pulau Jawa. “Kesehatan para pekerja berbanding lurus dengan produktifitas mereka. Tanggung jawab kami sebagai perusaahaan penyedia BBM harus ditopang kesehatan prima seluruh pekerja,” tegasnya.

Alur pemeriksaan di area DCU ‘Fit Harmonis Center’ diawali cuci tangan dengan sabun, pengecekan tensi darah, dan suhu tubuh. Sama seperti DCU ‘Fit Kompeten Center’, di DCU ini juga dilakukan pemeriksaan dengan prosedur tripple tapping, yaitu absensi, pemeriksaan kesehatan, dan verifikasi dokter. “Sehingga bisa diyakinkan tidak ada potensi orang unfit bisa masuk kilang, ” imbuh Joko.

Dalam kesempatan itu, GM dan tim manajemen melakukan pemusnahan rokok hasil kampanye Hari Tanpa Tembakau Sedunia 31 Mei 2021. Selain itu GM juga menyerahkan penghargaan kepada 2 anggota Covid Rangers terbaik dari fungsi operasi. “Ini adalah apresiasi karena Covid Ranger yang tetap aktif selalu mengingatkan rekan kerja, keluarga dan mitra untuk tetap patuh menerapkan protokol kesehatan,” ucap dr. Dyon Indarto, Healthy Section Head RU IV Cilacap.

Kegiatan juga dihadiri Senior Manager Operational Manufacturing (SMOM) Didik Subagyo, dan jajaran tim manajemen.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *