Komplotan Pencuri Traktor Dibekuk

Keresahan para petani di wilayah Kabupaten Cilacap yang sebelumnya kehilangan mesin pembajak sawahnya berupa traktor saat ini berkurang menyusul tertangkapnya pelaku pencurian traktor. Rupanya para pencurinya adalah warga Cianjur Jawa Barat yang dalam beberapa bulan terakhir beroperasi di Cilacap dan berhasil menggasak sekitar 15 mesin traktor.

Ada tiga pelaku yang ditangkap, satu diantaranya saat ini dalam proses hukum di Mapolres Cilacap. Dia adalah Muhamad Holidin – pria 46 tahun warga Cianjur yang beraksi dengan dua tersangka lain yakni Yoga -37 tahun dan Alex – 42 tahun. Keduanya juga merupakan warga Cianjur yang saat ini sedang dalam proses hukum di Polres Cimahi untuk kasus pencurian lainnya.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto mengatakan, pelaku Yoga dan Alex ditangkap anggota Satreskrim saat sedang berada di sekitar Stasiun Kroya. Dari keterangan kedua tersangka, mereka mengaku berkomplot dengan satu teman lainnya yakni Mumahad Holidin. Setelah diselidiki, Holidin akhirnya tertangkap di Desa Kedawung Kecamatan Kroya.

“Komplotan ini sudah beraksi sejak setahun terakhir dengan mencuri mesin traktor di 15 TKP. Modusnya dengan mempreteli mesin tersebut dari rangka traktornya yang sedang berada di areal persawahan. Tersangka menjual barang curian di Cianjur, dengan harga antara 5 hingga 6 juta per mesin,” ungkap Kapolres.

Dari kasus ini diamankan 11 unit mesin traktor, satu set kunci pas, 1 unit mobil Honda Mobilio warna putih bernopol F 1544 AA yang digunakan pencuri untuk mengangkut mesin traktor tersebut. Atas perbuatannya tersangka terkena jeratan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 9 tahun. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *