Konsleting Listrik Dominasi Penyebab Kebakaran

Akibat konseleting listrik satu ruko ludes terbakar

Jumlah kasus kebakaran di Kabupaten Cilacap selama tahun 2019 dinilai kian meningkat. Tercatat hingga awal April ini sudah terdapat sekitar 20 kejadian dibeberapa wilayah dengan dominasi faktor penyebabnya adalah akibat hubungan arus pendek atau konseleting listrik yang terjadi dipemukiman padat penduduk.

Kasus terakhir pada Selasa malam (03/04/19) kemarin. Akibat konsleting listrik, sebuah ruko milik Nur Habibi warga Desa Banjareja Kecamatan Nusawungu ludes dilalap si jago merah. Kendati tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian yang dialami pemilik ruko tersebut diperkirakan mencapai 200 juta.

Kepala UPT Pemadam Kebakaran pada Satpol PP Kab Cilacap – Supriyadi mengatakan, musibah yang menimpa Nur Habibi katanya sudah seharusnya menjadi pelajaran bersama. Sebab upaya sosialisasi yang sering dilakukan petugas maupun kader relawan kebakaran Cilacap, membutuhkan tindak lanjut dari masyarakat. Terlebih pada bulan April ini yang dinilai telah memasuki bulan kemarau sehingga membuat tingkat kerawanan kebakaran semakin tinggi.

“Untuk menekan jumlah kebakaran di tahun 2019, kualitas personel Damkar baik dari teknik pemadaman maupun dalam program sosialisasi upaya pencegahan kebakaran kepada masyarakat nantinya akan terus ditingkatkan,” imbuhnya.

Supriyadi berharap, upaya tersebut nantinya mampu meningkatkan kesadaran masyarakat Cilacap terhadap bahaya kebakaran. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *