Kreatifnya Masyarakat Sekitar Kilang Cilacap yang di Masa Pandemik Memilih Bertani Hidroponik

CILACAP – Masa pandemi yang berkepanjangan di sisi lain juga memunculkan kreatifitas di masyarakat, baik yang bersifat baru maupun lama yang dihidupkan kembali. Salah satunya kegiatan bertani bagi masyarakat perkotaan (urban farming) dengan metode hidroponik. Hal inilah yang melatarbelakangi Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap menggelar Pelatihan Urban Farming Metode Hidroponik di aula Kelurahan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Senin (14/12/2020).

Kegiatan diikuti perwakilan dari 10 RW di Kelurahan Tegalreja serta melibatkan Kampung Keluarga Berkualitas ‘Gadis’ kelurahan setempat dan pemateri Hidroponik, Misman dari Namiska Hidroponik, Kecamatan Rawalo, Kabupaten Banyumas.

Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina RU IV Cilacap, Hatim Ilwan mengungkapkan pertanian hidroponik menjadi solusi paling tepat untuk bertani bagi masyakarat perkotaan.

“Rumah masyarakat perkotaan cenderung mininamlis. Kalaupun ada pekarangan kosong, biasanya untuk tempat garasi kendaraan, maka model hidroponik sangat tepat diterapkan. Tidak butuh lahan luas dan perawatan yang mudah,” katanya.

Bertani hidroponik, menurut Hatim menjadi alternatif berkegiatan di masa pandemi yang positif, mengingat mobilitas warga yang saat ini harus dibatasi.

“Metode hidroponik juga bisa menjadi media stress release dan mengonsumi sayur dari hasil bertani hidroponik tentu bermanfaat untuk meningkatkan imun,” ujarnya.

Lurah Tegalreja, Rokhmatdi menilai pelatihan ini sangat bermanfaat, khususnya bagi warga Kelurahan Tegalreja.

“Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian warga dari hasil bertani hidroponik. Tentu ini sangat berarti di masa pandemi saat ini,” ucapnya.

Pihaknya juga mengapresiasi kepedulian Pertamina RU IV Cilacap dalam pelatihan ini.

“Ini kegiatan yang ke sekian kalinya didukung penuh oleh Pertamina. Kami berterimakasih, karena selama ini selalu memberikan perhatian melalui berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan termasuk dukungan pada Kampung KB Gadis yang sudah menyandang juara 1 Nasional,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina RU IV Cilacap, Hatim Ilwan menyerahkan bantuan instalasi hidroponik sejumlah 5 unit, kepada Ketua Kampung Berkualitas ‘Gadis’, Mukhlasin disaksikan Lurah Rokhmatdi dan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *