Mageri Segoro’, Polres Cilacap Tanam 7 Ribu Mangrove Di Lahan Perhutani,

CILACAP – Sejumlah upaya penyelamatan kawasan pesisir dan ekosistem laut terutama pada habitat hutan mangrove terus dilakukan. Hal ini sebagai langkah pencegahan untuk meminimalisir adanya abrasi akibat gelombang pantai.

Seperti sebelumnya yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Cilacap. Penanaman mangrove dilakukan dalam upaya mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, memperbaiki lingkungan pesisir dan melindungi habitat di pantai.

Aksi serupa turut dilakukan Polres Cilacap pada Selasa, 12 Oktober 2021. Kali ini penanaman mangrove dilakukan di lahan milik perhutani, tepatnya pada petak 53 A RPH Tritih BKPH rawa timur KPH Banyumas Barat. Dalam hal ini kawasan ini termasuk dalam wilayah Grumbul Tunggul Wulung RT.02/02 Desa Tritih Lor Kecamatan Jeruk Legi.

Kapolres Cilacap – AKBP Eko Widiantoro menjelaskan, penanaman dilakukan secara serentak diseluruh polres jajaran Polda Jawa Tengah dengan merujuk program Polda Jateng Mageri Segoro.

Lebih lanjut, Kapolres Cilacap ini menyebutkan jika tujuan penanaman pohon Mangrove ini untuk memperbaiki ekosistem di pesisir dan muara sungai.

“Bahwa tujuan penanaman Pohon Mangrove ini untuk memperbaiki ekosistem di pesisir dan muara sungai, sebagai penahan abrasi air laut serta tempat berkembang biak seperti udang dan ikan, mari kita menanam dan merawat Pohon Mangrove”, imbuh Kapolres.

Dalam kesempatan ini,  ada sekitar 7000 pohon mangrove yang ditanam di wilayah tersebut dengan melibatkan sekitar 200 Personil Polres Cilacap, ditambah 10 personil dari Perhutani Banyumas Barat dan Forkopimcam Kecamatan Jeruklegi..