Masih Pandemi, Tradisi Sedekah Laut Di Cilacap, Akan Di Gelar Sederhana

CILACAP – Memasuki bulan sura, masyarakat nelayan di Kabupaten Cilacap akan menggelar tradisi Sedekah Laut, pada Jumat Kliwon, 27 Agustus 2021 mendatang.

Namun, karena masih dalam masa pandemi Covid – 19, perayaan Sedekah Laut dalam dua tahun ini dilaksanakan secara sederhana.

“Karena masih pandemi, kita laksanakan secara sederhana oleh masing – masing rukun dan kelompok nelayan, namun tidak mengurangi acara ritual atau acara inti dalam sedekah laut seperti larungan sesaji dan jolen,” jelas Wakil Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten  Cilacap Pardjo Hadi Pranoto, saat di temui Reporter Bercahaya FM Cilacap, Selasa, (24/8/21).

Parjo menjelaskan, acara Sedekah laut akan diawali dengan melaksanakan nyekar pada hari Kamis Wage di Karang Bandung Cangkok Wijaya Kusuma di sebelah Selatan Pulau Nusakambangan.

“Ada 8 kelompok nelayan dan rukun di tambah dari HNSI, berangkatnya sendiri – sendiri, nyekarnya secara bergantian,” katanya.

Panitia Sedekah Laut Cilacap juga telah mengirimkan surat permohonan pengamanan di laut saat acara berlangsung, yang meliputi dari Basarnas, Lanal, Stasiun Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) serta call Airud.

Sementara, pada Hari Jumat Kliwon pagi, dilaksanakan larungan sesaji dan jolen ke tengah laut, Berbeda dari 2 tahun lalu, pemberangkatan arak – arakan jolen dilaksanakan secara meriah dari Pendopo Kabupaten.

“Tahun ini pemberangkatannya sendiri – sendiri dari rukun dan kelompok nelayan, termasuk HNSI, kita kan membuat jolen dua, nanti dilarung disana, sekitar jam 8 kita berangkat ke dermaga 3, terus diletakkan diprahu dan di larung ke tengah laut. Rencana kita juga mengundang Kepala Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, Drs. Tri Komara Sidhy Wijayanto untuk melihat pemberangkatan jolen dari HNSI Cilacap,” jelas Parjo.

Selain itu, pada hari Jumat sore, acara dilanjutkan dengan acara tasyakuran atau selamatan dan ruatan wayang kulit yang akan dilaksanakan di Kantor HNSI Kabupaten Cilacap Jl. Lingkar Selatan, Karangmulia, Sidakaya Cilacap.

“Kita berharap, dengan adanya ritual Sedekah laut, para nelayan di berikan keselamatan dalam menaangkap ikan, dan bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak,” harap Parjo.

Reporter : (Intan/BercahayaFm)

dok : google (Ilustrasi)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *