Massa GMBI Tuntut Bupati Melarang Pungutan Sekolah

Ratusan massa yang menamakan dirinya LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia – GMBI Cilacap berunjukrasa melayangkan sejumlah tuntutan kepada Bupati Cilacap. Diantaranya, mereka menuntut agar Bupati membatalkan pungutan dan sumbangan yang dilakukan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan melarang Satuan Pendidikan Dasar untuk menarik dana apapun kepada masyarakat. Pembatalan dan larangan itu harus disampaikan oleh bupati dalam bentuk surat keputusan yang resmi.

Massa juga menuntut agar Bupati membuat program sekolah gratis bagi SD dan SMP sederajat baik negeri maupun swasta. Berikutnya, Bupati dituntut untuk mensejahterakan para guru Wiyata Bakti, karena keberadaan status guru tersebut yang selama ini dijadikan sebagai kambing hitam untuk menarik berbagai iuran.

Selanjutnya Pemkab Cilacap diminta menggandeng perusahaan swasta seperti BUMN agar dana CSR digelontorkan untuk kepentingan bidang pendidikan Cilacap. Tuntutan terakhir agar Bupati menindak tegas kepala dinas beserta pejabat Dinas Pendidikan termasuk para kepala sekolah yang terlibat dalam berbagai pungutan.

Aksi unjukrasa yang berlangsung di alun-alun Cilacap itu diwarnai dengan berbagai orasi massa yang menyuarakan aspirasinya. Bahkan diantara orasi tersebut, massa mengancam akan menggelar aksi lebih besar lagi jika tuntutannya tak dipenuhi. Dalam kawalan ketat puluhan aparat keamanan, sejumlah perwakilan massa menggelar audensi di Pendopo Kabupaten. (Ady)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *