Membandel, Ratusan Warga Terjaring Razia Masker

CILACAP – Memasuki tahap masa Adaptasi Kebiasaan Baru atau AKB, Satuan Polisi Pamong Praja – Satpol PP Kabupaten Cilacap beserta unsur TNI-Polri kembali melakukan operasi yang menyasar masyarakat, khususnya yang tidak menggunakan masker. Kegiatan ini berlangsung di sejumlah pasar tradisional di Cilacap, pada Senin pagi, 24 Agustus 2020.

Kepala Satpol PP Cilacap – Yuliaman Sutrisno mengatakan, operasi dilakukan di empat titik yang berbeda. Yakni diantaranya  pasar Gede Cilacap, Pasar Sidodadi, Pasar Tanjung Sari, dan Pasar Pelem Gading.

Pada operasi di empat titik tersebut, lanjut Yuliaman, angka pelanggar yang ditindak diakuinya masih cukup tinggi.  Bahkan berdasarkan data terkini, terdapat 200 warga yang ditindak lantaran  tidak mengenakan masker.

“Untuk sejauh ini dari data yang kami terima ada 50 pelanggar di setiap titik. Namun tentunya akan terus kita pantau perkembangan dari jumlah data maupun grafik pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 khususnya di Kabupaten Cilacap,” kata Yuliaman.

Kepala Satpol PP Cilacap – Yuliaman Sutrisno dalam kegiatan Oprasi Razia Masker turut meberikan himbauan protokol kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Cilacap (24/08).

Dia menjelaskan, Satpol PP Cilacap kini menjadi salah satu ujung tombak dari penegakkan peraturan Bupati Cilacap Nomor 126 tahun 2020. Yakni tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokoler kesehatan, khususnya dalam rangka pencegahan dan pengendalian Virus Disease – 19. Dengan dasar ini petugas kemudian menindak masyarakat yang tidak mengenakan masker. Meliputi proses identifikasi biodata, dikenakan sanksi administratif, teguran, hingga dikenakan sanksi kerja sosial berupa membersihkan sarana fasilitas umum.

“Kedepannya operasi serupa akan terus digencarkan diberbagai wilayah di Kabupaten Cilacap. Hal ini kami harapkan dapat semakin meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap protokol kesehatan, khususnya Covid-19,” pungkasnya.

(guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *