Menuju Halal Center, AL AZHAR Cilacap Gelar Bimtek Dan Sertifikasi JULEHA

CILACAP – Bekerjasama dengan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Juleha Jawa Tengah, sebanyak 40 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia dengan khidmat dan semangat yang luar biasa mengikuti Bimtek dan Sertifikasi Kompetensi Juru Sembelih Halal (Juleha) DPW Jawa Tengah di Auditorium Al Azhar Cilacap.Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid Kabupaten Cilacap mengacungi jempol karena peserta dan panitia yang terlibat dalam acara ini tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari sejak Sabtu hingga Ahad, 13-14 Maret 2021 ini merupakan bentuk keprihatinan komunitas penggiat produk halal atas minimnya sertifikasi kehalalan, khususnya produk sembelihan sekaligus agenda lanjutan untuk para Juleha yang telah mengikuti pelatihan sebelumnya. Tak sekedar berteori, seluruh peserta juga mempraktekkan langsung bagaimana menyembelih hewan yang baik dan benar sesuai syariat Islam setelah mendapatkan materi dari Tim Juleha DPW Semarang dan Halal Center Unsoed Purwokerto. Nyatanya, masih ada beberapa Juleha yang belum sempurna menyembelih hewan, sehingga belum bisa mencapai titik halal.

Untuk memastikan bahwa para peserta benar-benar siap menjadi Juleha bersertifikasi, mereka juga mengikuti Uji Kompetensi secara tertulis dan wawancara bersama dua orang assessor yang berasal dari Makassar di hari kedua. Peserta terlihat santai namun serius menjawab soal demi soal yang diberikan oleh assessor.

Nizar Ba’asir, S. T., selaku Ketua Yapis Ibnu Sina Cilacap menuturkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi darurat kehalalan terhadap makanan yang dikonsumsi.

“Kedepannya, Insyaallah Al Azhar Cilacap akan meluncurkan Halal Center agar masyarakat merasa aman mengkonsumsi makanan yang halal, sehingga daging yang masuk ke dalam tubuh kita juga mambawa keberkahan,” imbuhnya.

Sementara salah satu peserta asal Bogor – Suwardi menyatakan, kegiatan ini cukup baik dan bermanfaat terutama dalam mengedukasi masyarakat tentang tata cara penyembelihan hewan yang halal.

“Saya sangat puas dengan excellent service dalam acara ini. Pelayananan sangat bagus dan acaranya sangat bermanfaat,” tutur Suwardi salah satu peserta dari Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *