MGMP Bahasa Indonesia Komda Kroya Fasilitasi Aksi Nyata Guru Penggerak

CILACAP – Dalam rangka membumikan program Merdeka Belajar dari Kemdikbudristek, Calon Guru Penggerak Kabupaten Cilacap Komda Kroya menyelenggarakan Aksi Nyata bagi guru Bahasa Indonesia di SMPN 2 Kroya, Rabu (2/6/2021).

Kegiatan yang diikuti oleh 29 guru Bahasa Indonesia se Kecamatan Kroya dan Maos itu difasilitasi oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia Komda Kroya.

Ketua MGMP Bahasa Indonesia Ilawati mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menggerakkan rekan seprofesi guru Bahasa Indonesia untuk mewujudkan merdeka belajar.

“Saya berharap teman-teman yang sudah mengikuti Program Guru Penggerak dapat mengimbaskan apa yang dipelajarinya kepada rekan sejawat. Agar program ini dapat bermanfaat bagi banyak kalangan” harap Ilawati.

Sementara itu Ketua Komda Kroya Suharsono berharap dengan banyaknya Guru Penggerak yang ada di Kecamatan Kroya dan Maos akan menjadikan pendidikan semakin maju.

“Adanya program ini harapannya memotivasi para guru untuk maju dan mau menjadi pemimpin pembelajaran. Saya harapkan ada sinergi antar komunitas guru di semua jenjang” harap Suharsono.

Tampil sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut guru SMKN 7 Semarang Mufid Masruhan yang juga merupakan Pengajar Praktik Guru Penggerak. Mufid menyampaikan materi mengenai filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Menurutnya, siswa harus dikembangkan potensinya sesuai dengan zamannya.

“Masing-masing siswa sudah memiliki potensi sendiri-sendiri. Guru harus mampu mengoptimalkan potensi itu, membimbingnya agar optimal. Itulah sejatinya yang diinginkan oleh Bapak Pendidikan kita Ki Hajar Dewantara” ujar Mufid.

(Guruh)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *