Minat Baca Buku Cilacap Lampaui Target

Minat membaca buku masyarakat Kabupaten Cilacap dinilai cukup tinggi. Salah satu indikatornya adalah target jumlah pembaca yang terlampui dengan data terdapat 40 ribu orang dalam satu tahun terakhir.

Usai membuka kegiatan Gerakan Pembudayaan Minat Baca di Gedung Griya Patra pada Rabu pagi, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Cilacap – Supriyanto mengatakan, ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingginya capaian minat baca tersebut. Antara lain inovasi E-Pusda yang telah ditingkatkan kualitas sarprasnya, seperti perbaikan software, peningkatan kapasitas server dan kecepatan akses pada jaringan.

Selain E-Pusda, pengoperasian mobil perpustakaan keliling juga diklaim sangat efektif dalam meningkatkan minat baca ditengah masyarakat.

Supriyanto menargetkan, tahun ini layanan perpustakaan apung keliling yang bakal menyasar  sejumlah wilayah desa di Kampung Laut dan Kutawaru akan berjalan optimal.

“Konsepnya nanti pelayanan perpustakaan apung keliling akan menggunakan perahu atau kapal dengan ukuran minimalis. Sasarannya adalah empat desa di Kecamatan Kampung Laut dan Satu Desa di Kecamatan Kutawaru,” ungkap Supriyanto.

Supriyanto menambahkan, kendati permintaan perpustakaan keliling cukup tinggi, dipastikan layanan serupa khususnya untuk wilayah Kampung Laut dan Kutawaru, jadwalnya tidak akan tergantikan atau tetap menjadi prioritas utama.

“Di tahun ini ada jadwal yang sudah kami tentukan. Untuk kedua wilayah tersebut setidaknya ada 14 kali kunjungan perpustakaan keliling,” tegasnya.

Ia berharap dengan tingginya minat baca buku di Cilacap, dapat mencetak generasi penerus yang cerdas dan berkualitas.

Kegiatan pembukaan minat baca turut dimeriahkan oleh seorang musisi  Indonesia bergenre Balada Kreatif dengan albumnya yang  bertajuk Edukasi Literasi. Dia adalah Ferry Curtis yang turut memotivasi tentang pemahaman gemar membaca dan menulis buku kepada penggiat literasi di Cilacap. (Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *