Muncul Klaster Guru, SD Menganti 04 Kesugihan Cilacap Di Tutup Sementara

CILACAP – Penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Cilacap masih terus terjadi. Bahkan kali ini mulai muncul klaster baru yang berasal dari kalangan tenaga pendidikan atau Guru. Berdasarkan update per 15 September 2020, hasil pemeriksaan laboratorium dari salah satu Rumah Sakit di Cilacap, menunjukan ada sebanyak  5 orang guru di SD Menganti 04 Kesugihan yang dinyatakan positif Covid -19.

Kepada tim pemberitaan Bercahaya FM – Kepala Dinas Kesehatan Cilacap – dr Pramesti Griana Dewi mengungkapkan, Lima orang guru yang dinyatakan positif Covid -19 merupakan hasil tracing terhadap salah satu guru yang sebelumnya telah dinyatakan terpapar virus Covid-19. Yakni dari salah satu guru yang diketahui sebelumnya memiliki kontak dengan keluarganya yang  bekerja di Jakarta.

“Iya ada satu guru yg positif lebih dulu, riwayat kontak dengan keluarganya yang kerja di Jakarta,” kata dr Pramesti.

Terkait temuan kasus ini, dr Pramesti menyatakan, Dinas Kesehatan Cilacap menindaklanjutinya dengan  mengisolasi mandiri ke Lima orang guru yang terkonfirmasi positif Covid-19. Selain itu desinfeksi masif juga dilakukan di tempat kerja dan di rumah masing – masing. Selanjutnya terkait nasib dari SD Menganti 04 Kesugihan, pihaknya menegaskan, bakal ditutup sementara. Yakni selama Dua hari kedepan terhitung mulai dari Selasa 15 September 2020.

“Dengan demikian dipastikan sistim pembelajaran tatap muka untuk murid tidak dilakukan, atau dalam hal ini digelar melalui sistim online atau daring. Tapi untu lengkapnya kita juga masih akan menunggu hasil rapat besok,” imbuhnya.

dr. Pramesti menghimbau, masyarakat Cilacap untuk tidak panik dan senantiasa menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin. Diantaranya seperti menjaga jarak, menghindari kerumunan, selalu memakai masker, selalu mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *