New Normal, Harga Cabai Mulai Melonjak

Harga sejumlah komoditas pangan mengalami peningkatan menjelang diberlakukannya new normal di tengah pandemi Covid-19. Namun demikian masih ada juga harga komoditas pangan maupun bumbu dapur yang mengalami penurunan harga. Seperti yang terjadi di Pasar tradisional Tanjung Sari Cilacap, harga cabai hijau belum lama ini mulai merangkak naik.

Dari pantauan tim pemberitaan Bercahaya Fm, harga cabai  hijau yang semula dibandrol 10 ribu rupiah perkilogram, kini menjadi 16 ribu rupiah. Sementara komoditas cabai merah besar harganya mencapai 19 ribu per kilogram. Kondisi tersebut dinilai berbading terbalik dari harga cabai rawit yang cukup stabil. Yakni berkisar pada 17 ribu rupiah per kilogramnya.

Salah satu pedagang pasar Tanjung Sari – Kusminah mengungkapkan, melonjaknya harga cabai dikarenakan jumlah permintaan pasar yang meningkat saat ini belum mampu diimbangi dengan stok komoditas cabai dikalangan pedagang.

“Selain cabai kondisi serupa juga terjadi pada komoditas sayur mayur seperti kentang dan muncang. Harga satu kilogram kentang kini mencapai 14 ribu rupiah dari harga sebelumnya 10 ribu rupiah. Untuk Muncang semula dibandrol 8 ribu rupiah kini menjadi 12 ribu rupiah perkilogram,” kata Kusminah.

Meskipun beberapa harga kebutuhan dapur melonjak, lanjut Kusminah, namun terdapat komoditas lain yang mengalami penurunan harga yang cukup drastis. Yakni pada bawang Bombai yang dalam tiga bulan terakhir sempat menyentuh harga 200 ribu rupiah perkilogram, kini merosot menjadi hanya 15 ribu rupiah perkilogramnya. Merosotnya bawang Bombai saat ini dikarenakan stok komoditas impor tersebut sudah mulai tercukupi dipasaran.

Kusminah menambahkan, terjadinya fluktuasi harga di pasar tradisional di Cilacap sampai saat ini dinilai belum berdampak pada daya beli masyarakat. Namun demikian pihaknya berharap kondisi ini dapat menjadi perhatian serius dari Dinas terkait. Sehingga stok kebutuhan pedagang dapat terpenuhi dan menjadikan harga pasar kembali stabil di masa New Normal, khususnya untuk wilayah Kabupaten Cilacap.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *