Ny. Tetty Suwarto Pamuji Serahkan Alat Deteksi Dini Kanker Serviks-IVA

Ny. Tetty Rochatiningsih Suwarto Pamuji secara simbolis menyerahkan alat Inspeksi Visual Asam Asetat-IVA kepada para provider di Puskesmas, menandai telah dicanangkannya layanan serantak pemeriksaan deteksi dini Kanker Serviks di 11 Puskesmas.

Kanker Serviks atau kanker leher rahim menempati urutan kedua dalam daftar deretan kelompok penyakit kanker yang paling banyak terjadi di Indonesia. Secara kasuistik, penyakit kanker yang disebut menjadi penyebab kematian, setelah kanker payudara tersebut, juga banyak diderita oleh ibu-ibu muda di Cilacap. Menyikapi persoalan tersebut, serangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional-HKN Ke 55 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2019 yang dibarengkan dengan peringatan Hari Ulang Tahun-HUT KORPRI Ke 48, HUT PGRI Ke 74 dan Hari Guru Tahun 2019, di Lapangan Jati Persada Cilacap Tengah, Jumat pagi secara simbolis diserahkan alat Inspeksi Visual Asam Asetat-IVA kepada para provider di Puskesmas.

Penyerahan secara simbolis itu, dilakukan langsung ibu Bupati Cilacap, Ny. Tetty Rochatiningsih Suwarto Pamuji, dihadapan insan kesehatan dan peserta jalan sehat Barang ramane lainnya. Ibu Bupati Cilacap, Ny. Tetty Rochatiningsih Suwarto Pamuji, usai penyerahan secara simbolis menyatakan, lewat pemeriksaaan IVA ini dianggap dapat membantu menyelamatkan banyak wanita, karena relatif mudah dilakukan dan cepat diperoleh hasilnya. “Teknik ini dinilai terjangkau dan mudah, karena hanya memerlukan alat sederhana, tapi hasilnya dapat langsung dirasakan oleh pasien,” kata Tetty.

Penyerahan alat deteksi dini Kanker Serviks melalui pemeriksaan IVA ini, menyusul telah dilaksanakannya pelatihan bagi para provider pada 11 Puskesmas di wilayah Kabupaten Cilacap. Bahkan, terhitung mulai 12 Nopember 2019 lalu, telah dicanangkan pelaksanaan pemeriksaan deteksi dini Kanker Serviks melalui pemeriksaan IVA secara serentak di 11 Puskesmas kepada 520 orang pasien Wanita Usia Sasaran-WUS yaitu 30 sampai dengan 50 Tahun.

Menurut Ketua Panitia HKN ke 55 Tingkat Kabupaten Cilacap Tahun 2019, dokter Novita Kukilowati, berdasarkan data IVA Test di Kabupaten Cilacap Tahun 2019, sedikitnya para provider yang terdiri dari 10 dokter dan 10 bidan di 11 Puskesmas telah melaksanakan tes IVA kepada pasien, meliputi Puskesmas Jeruklegi 1, Sidareja. Majenang 1, Kesugihan 2, Cilacap Utara 1, Adipala1, Kroya 1, Cilacap Selatan 1 dan 2, Kawunganten serta Puskesmas Cimanggu 1. (4ng2id)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *