Optimalkan Program PTSL, 2000 Bidang Tanah di Desa Panulisan Bakal Diukur BPN

CILACAP – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Cilacap terus mensosialisasi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap kesejumlah wilayah. Seperti yang di gelar di Pendopo Desa Panulisan dan Panulisan Barat Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap, belum lama ini.

Dalam kegiatan tersebut Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Cilacap melalui Nanang Setyawan menjelaskan, program ini dilakukan agar seluruh tanah memiliki sertifikat yang sah. Hal itu dilakukan agar status tanah menjadi jelas dan kuat hukum.

“Selain itu, banyak manfaat lain yang bisa didapatkan yaitu meningkatkan harga tanah, serta mudah mencari data tanah dan lainnya,” imbuhnya.

Camat Dayeluhur – Aji Pramono mengatakan, pengukuran bidang tanah ini akan dilakukan kepada 2 ribu bidang atas hak tanah yang akan disertifikasi di wilayah Desa Panulisan Kecamatan Dayeuhluhur. Agar seluruh bidang tanah yang berada semuanya terdata dan terukur dengan valid, pengukuran dilakukan dengan menggunakan alat ukur berbasis Global Position System atau GPS yang disiapkan oleh BPN Cilacap.

Sedangkan untuk Kecamatan Dayeluhur sendiri ditargetkan ditahun ini dapat menjalankan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dengan menyasar 28 ribu bidang tanah di 14 Desa.

“Jadi kalau targetnya itu ada 2 ribu bidang tanah disetiap Desa. Kalau untuk Kecamatan Dayeuhluhur sendiri yang diikutkan program PTSL ada sekitar 14 Desa,” ungkap Aji.

Sementara itu Danramil Kapten Inf Agus Wantoro menambahkan, Aparat TNI akan selalu mendukung tugas BPN dalam program ini. Melalui para Babinsanya, akan mendampingi agar pengukuran tanah berjalan dengan aman dan lancar.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *