Pandemi COVID-19 Akselerasi Transformasi Digital UKM di Kota Cilacap

Cilacap – Pandemi COVID-19 terlah berdampak pada kegiatan sehari-hari yang mulai beralih ke online, termasuk pada tren bisnis yang semuanya menjadi serba digital. Para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) pun harus dapat mengubah strategi bisnis yang dulunya konvensional menjadi ke strategi digital marketing.

Mendukung sektor UKM khususnya di Kota Cilacap untuk bersaing di dunia digital, JNE mengadakan gelaran webinar JNE Ngajak Online 2021 – Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 Kota Cilacap. Melalui webinar online ini diharapkan UKM di Indonesia dapat mengembangkan kemampuan bersaing di dunia digital, dan mengembangkan usahanya sampai ke pasar internasional.

Marsudi selaku Head of Regional JNE Jateng dan DIY mengatakan, setiap orang pasti mendapatkan tantangan begitu besar dari munculnya wabah COVID-19 di Indonesia. Sama halnya dengan JNE yang harus mencari solusi dan strategi lainnya untuk dapat memberikan performa terbaik kepada konsumen di masa pandemi ini.

JNE sebagai jasa ekspedisi pun terus berkomitmen untuk memberikan edukasi positif bagi para pelaku UKM agar tetap produktif di masa pandemi, serta membantu UKM untuk memenuhi apa saja keperluan UKM khususnya di Kota Cilacap agar dapat mengubah tantangan menjadi peluang.

“Untuk mendukung pertumbuhan UKM Kota Cilacap, JNE akan memenuhi segala kebutuhan para pelaku UMKM baik itu dari segi produk atau pun pemasaran demi meningkatkan produktifitas dan kreativitas UMKM di masa pandemi. Kami juga berkolaborasi dengan pihak external dalam mengadakan CSR dan bazaar pasar murah yang selalu dilaksanakan tiap bulan Ramadhan,” jelas Bagus dalam virtual webinar Goll…Aborasi Bisnis Online Kota Cilacap pada Senin (22/03/2021).

Amil Maulana, Owner Mool Leather yang hadir sebagai perwakilan dari pelaku UKM mengatakan, penting bagi pelaku usaha, khususnya yang menggunakan bahan baku dengan modal yang cukup besar untuk mencari peluang lain agar dapat mendatangkan lebih banyak keuntungan. Sebagai contoh, Mool Leather mengeluarkan barang dengan bahan kulit lainnya dengan harga yang terjangkau bagi seluruh segmen pasar. Strategi marketing secara online pun memberikan dampak begitu besar, apalagi di situasi pandemi ini.

“Agar usaha kita terus tumbuh dan berkembang di era digitalisasi bisnis ini, kita harus perkuat branding, meningkatkan kualitas baik itu dari segi packaging dan kualitas pada saat pengiriman barang. Dan juga, rajin upload video seputar produk untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen,” papar Amil.​

Sedangkan menurut Budiono selaku Founder Cemillland, menjalankan strategi marketing secara online dan meningkatkan mutu serta kualitas pada produk merupakan hal yang krusial untuk mengembangkan bisnis di masa pandemi ini.

“Sebagai pelaku usaha, apalagi di situasi saat ini yang serba online, kita harus rajin untuk mengiklankan dan mengunggah produk melalui media sosial agar bisa menjangkau pembeli selain dari Kota Cilacap. Semenjak pandemi ini, Cemilland memutuskan untuk terjun menjual lewat Facebook ads agar dapat menjangkau konsumen lebih banyak lagi,” tutur Budiono.

Sebagai informasi, JNE Ngajak Online merupakan event tahunan dari JNE untuk membantu pelaku UKM beradaptasi dengan perubahan teknologi. Pada tahun 2021, event ini dilakukan secara online dengan tema Goll…Aborasi Bisnis Online 2021 dan dilakukan di 59 kota di seluruh Indonesia.

Cilacap menjadi kota ke-13. Webinar ini juga diadakan untuk memperingati hari ulang tahun Kota Cilacap yang ke-165 pada Minggu, 21 Maret 2021. Setelah kota Cilacap, gelaran roadshow ini akan kembali digelar di Kota Sukabumi pada 1 April 2021. JNE Ngajak Online 2021 dimulai pada 26 Januari 2021 di Samarinda dan akan berakhir pada 29 Desember 2021 di Ternate.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *