Pandemi, OSIS SMP Negeri 6 Cilacap Adakan Virtual Classmeeting

CILACAP – Angka kasus covid-19 yang masih tinggi di Kabupaten Cilacap justru memunculkan ide kreatif dari pengurus OSIS SMP Negeri 6 Cilacap. Mengisi jeda waktu jelang penerimaan rapot, mereka menyelenggarakan kegiatan virtual class meeting.

Jika kegiatan lomba antar kelas yang biasanya dihelat secara luring, kali ini justru berbeda dan dilaksanakan secara daring. Kegiatan berlangsung selama dua hari hingga Selasa 15 Juni 2021.

Koordinator kegiatan virtual classmeeting – Isnaeni Sumiarsih mengatakan, tema dari kegiatan ini adalah “Bersatu untuk Berkarya”. Tujuan utamanya untuk memupuk persatuan di antara para siswa. Hal ini dinilai menjadi salah satu konsep yang baik bagi siswa lantaran selama ini mereka terpisahkan oleh metode pembelajaran daring dalam kurun waktu satu tahun.

“Mereka seolah bekerja sendiri, dari rumah masing-masing. Namun sesungguhnya mereka sedang berusaha bersama, untuk membela kelas mereka” ujar Calon Guru Penggerak itu.

Lebih lanjut, kegiatan ini dijelaskan terdiri dari 4 mata lomba. Diantaranya lomba pidato bertema “Perbedaan bukanlah masalah untuk bersatu demi NKRI”, serta lomba baca puisi bertema “Perbedaan itu Unik”. Berikutnya lomba menyanyi lagu daerah dengan ketentuan setiap peserta wajib menyanyikan 2 lagu daerah yang telah ditentukan panitia. Tak ketinggalan, turut digelar lomba poster bertema “Keberagaman di Indonesia”.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 6 Cilacap – Anteng Widiastuti mengaku sangat mendukung kegiatan ini. Menurutnya pandemi bukan halangan bagi para siswa untuk berkegiatan serta berkompetisi.

“Virtual Classmeeting merupakan salah satu wahana untuk mengembangkan kreativitas serta inovasi siswa. Justru di masa pandemi seperti ini kreativitas mereka benar-benar ditantang” kata Anteng.

Senada, salah satu siswa SMPN 6 Cilacap kelas 8H, yakni Ginitri Diffy Amadea mengungkapkan, dirinya merasa senang dengan adanya kegiatan ini lantaran dapat menambah wawasan serta meningkatkan kemampuan dalam menggunakan aplikasi dalam pembelajaran.

“Saya berharap, pada waktu-waktu selanjutnya OSIS dapat menyelenggerakan kegaiatan yang lebih menantang agar pengetahuan serta ketrampilan para siswa semakin terasah” harap Ginitri

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *