Pangkas Birokrasi, BPPT Hibahkan SIM Labkesda untuk Pemkab Cilacap

Guna memangkas birokrasi dalam pelayanan di Laboratorium Kesehatan Daerah atau Labkesda, Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi  atau BPPT kembali mewujudkannya dengan menggandeng sejumlah pihak dalam program andalannya. Salah satunya Kabupaten Cilacap yang dilibatkan untuk penerapan teknologi tepat guna atau TTG.

Demikian disampaikan Kasi Kerjasama dan Layanan Tekhnologi pada BPPT – Supriana Suwanda pada kegiatan Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Program Penerapan Teknologi Tepat Guna Kebencanaan dan Soisalisasi Masyarakat Peduli Sunami yang diselenggarakan di Hotel Atrium Cilacap pada Jumat pagi.

Pihaknya mengungkapkan,  kegiatan yang mengusung tema Implementasi dan sosialisasi Sistem Informasi Labkesda atau SIM Labkesda, merupakan salah satu wadah BPPT untuk mereplikasi aplikasi serupa yang sebelumnya sudah diterapkan di Kota Tangerang Selatan dan Bogor.

Manfaatnya, lanjut Supriana, dapat mengurangi penggunaan kertas, meminimalisir kontak fisik, dan menjadikan layanan Labkesda berjalan dengan aman maupun efisien.

Sementara dipilihnya Kabupaten Cilacap sebagai sasaran program dari BPPT, yakni menyusul adanya riwayat kerjasama jangka panjang dan lantaran adanya potensi kerawanan sunami. Olehkarenanya BPPT menindaklanjutinya dengan menghibahkan SIM Labkesda dengan dilengkapi layanan dan sarana berupa  Sofware, Hardware, dan layanan Hosting selama setahun kedepan secara gratis.

“Bahkan tim dari BPPT juga siap melakukan asistensi, bersinergi atau berkonsolidasi dengan tim IT dari Pemkab Cilacap. Yakni guna melakukan pengembangan yang sifatnya ringan,” kata dia.

Supriana berharap, adanya SIM Labkesda ini kedepannya dapat dimanfaatkan dengan optimal olih Pemkab Cilacap. Sehingga manfaatnya dapat benar – benar dirasakan oleh masyarakat Cilacap.

(Guruh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *