Pastikan Ketersediaan Air Bersih, Kilang Pertamina Cilacap Lakukan Penyedotan Sumur Warga

Cilacap – Untuk memastikan kondisi air sumur milik warga tetap terjaga dengan baik, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Cilacap membantu upaya penyedotan sumur milik warga di beberapa kelurahan di wilayah eks-Kotip Cilacap. Hal ini menjadi bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, pasca insiden kebakaran tangki 36 T – 102, Sabtu malam (13/11/2021).

Hingga saat ini, penyedotan air sumur yang terbukti terdampak sudah dilakukan terhadap lebih dari 350 sumur warga di sejumlah kelurahan. Dengan rincian di Kecamatan Cilacap Tengah antara lain, 84 sumur di Kelurahan Sidanegara, 70 sumur di Kelurahan Donan, 110 sumur di Kelurahan Gunung Simping, dan 87 sumur di Kelurahan Kebonmanis, Kecamatan Cilacap Utara.

Selanjutnya pembersihan dan penggantian air kolam ikan, masing-masing 31 kolam di Kelurahan Sidanegara, dan 2 kolam di Kelurahan Donan. Selain itu juga dilakukan penggantian tanaman di 7 kebun milik warga di Kelurahan Gunung Simping.

Area Manager Communication, Relations, & CSR PT KPI Unit Cilacap, Cecep Supriyatna menjelaskan Pertamina bergerak cepat dan terukur melakukan pemetaan menyusul laporan warga pasca insiden. “Laporan dari warga kami terima lalu tim dibagi ke beberapa kelurahan untuk melakukan validasi dan melihat langsung kondisi yang terjadi. Dari situ kami evaluasi untuk menentukan langkah berikutnya. Kami berharap bisa segera mengatasi bersama kondisi ini,” katanya.

Salah seorang warga RT 04 RW 07 Kelurahan Kebonmanis, Sofyan mengapresiasi upaya Pertamina dalam menuntaskan permasalahan ketersediaan air bersih di sumur-sumur warga. “Alhamdulillah air sumur sudah jernih lagi. Kami sampaikan terimakasih kepada Pertamina Cilacap,” ujarnya, Rabu (17/11/2021).