Pastikan Pekerja Yang Masuk Kilang Fit, Pertamina RU IV Resmikan Gedung DCU

Cilacap – Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap merupakan kilang terbesar dan paling strategis di Indonesia, berperan menopang sepertiga kebutuhan BBM Nasional dan 60 % kebutuhan di pulau Jawa. Maka para pekerja Pertamina harus dalam keadaan fit saat bertugas, termasuk pekerja di area kilang. Hal itu ditegaskan General Manager Pertamina RU IV Cilacap, Joko Pranoto saat meresmikan gedung Daily Check Up (DCU) ‘Fit Kompeten Center’ di Pintu 2 Brasseley Pertamina RU IV, Kamis (17/12/2020).

Joko Pranoto mengungkapkan gedung Fit Kompeten Center dilengkapi fasilitas DCU sesuai standar protokol Covid-19, guna memastikan seluruh pekerja yang akan beraktifitas di dalam kilang sehat dan bugar. “Harapan saya di area DCU dapat dilakukan triple tapping, yaitu absensi, pemeriksaan kesehatan, dan verifikasi dokter. Sehingga bisa diyakinkan tidak ada potensi orang unfit bisa masuk kilang,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu GM juga memberikan memberikan penghargaan Pengamatan Keselamatan Kerja (PEKA) kepada pekerja dan fungsi yang paling banyak membuat laporan PEKA. Penghargaan untuk Fungsi yang melaporkan PEKA terbanyak diberikan GM kepada fungsi Produksi I dan Procurement. Sedangkan penghargaan untuk pekerja diberikan oleh HSSE Manager, Agung Dharmawan kepada Luthfi Muhammad N. dan Ilham Rosyid selaku PEKA Observer.

Untuk diketahui, PEKA merupakan sistem pelaporan observasi, intervensi secara online maupun offline terhadap temuan, kondisi atau tingkah laku tidak aman (unsafe) maupun temuan positif (safe). Laporan PEKA dapat dilakukan oleh seluruh pekerja, mitra kerja, dan pihak ketiga.

Peresmian gedung Fit Kompeten Center bersamaan dengan peresmian Gate 1, ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita oleh GM Joko Pranoto didampingi Senior Manager Operation & Manufacturing (SMOM), Didik Subagyo.(Rin).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *