Peduli Erupsi Semeru, Relawan PT Kilang Pertamina Internasional Unit Cilacap Salurkan Tabung Gas untuk Dapur Umum

Lumajang – Dukungan untuk warga yang terdampak erupsi Gunung Semeru di wilayah Kabupaten Lumajang, Jawa Timur terus diberikan oleh PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit (RU) IV Cilacap. Melalui tim relawan yang diturunkan ke lokasi terdampak, Pertamina bekerjasama dengan Gas Domestik (Gasdom) Kota Malang menyalurkan suplai 15 unit tabung gas elpiji 12 kg.

Suplai salah satu kebutuhan penting dapur umum ini secara simbolis diberikan oleh Koordinator Tim Relawan PT KPI RU IV Cilacap, Rian Pratama Pribadi kepada Yusak Krismanto, petugas dapur umum PMI Kabupaten Malang di Desa Supiturang, Kabupaten Lumajang, Rabu sore (15/12/2021).

Rian mengungkapkan kebutuhan gas elpiji menjadi salah satu perhatian tim relawan mengingat program dapur umum masih berlangsung. “Hasil koordinasi dengan PMI Kabupaten Malang, suplai gas elpiji memang menjadi kebutuhan yang mendesak. Sehingga selain bantuan mesin freezer yang diberikan sehari sebelumnya, hari ini kami suplai tabung gas elpiji beserta isinya. Selanjutnya setiap 3 hari sekali kami suplai isi ulang gasnya, gratis,” ujarnya.

Pihaknya berharap bantuan ini semakin memperlancar aktivitas dapur umum yang dikoordinir PMI Kabupaten Malang. “Di posko dapur umum ini petugas menyediakan 1.300 porsi per hari untuk masyarakat terdampak di pengungsian maupun relawan dan aparat yang bertugas di sekitar lokasi,” kata Rian.

Yusak dalam tanggapannya menyampaikan apresiasi atas dukungan penuh dari PT KPI RU IV Cilacap untuk program dapur umum tersebut. “Bantuan suplai gas elpiji sangat penting dan memudahkan kami dalam melanjutkan dapur umum,” katanya.

Selain untuk dapur umum PMI Kabupaten Cilacap, tim relawan PT KPI RU IV Cilacap juga menyuplai tabung gas elpiji 12 kg untuk posko Sekolah Relawan yang berada di depan balai Desa Supiturang. “Kami sempat kesulitan mendapatkan suplai gas dengan akses yang cukup jauh. Suplai tabung gas ini sangat tepat di masa tanggap darurat pasca erupsi Semeru. Terimakasih bantuan tabung gas elpiji ini,” kata Ramdoni, petugas Rescue Sekolah Relawan.